ANALISIS KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS V SDN 37 BANDA ACEHANALISIS KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA DI KELAS V SDN 37 BANDA ACEH

Rini Yulia, Fauzi. fauzi, Awaluddin. Awaluddin

Abstract


Penelitian yang berjudul “Analisis Kesalahan SiswaMengerjakan Soal Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah kesalahan apa saja yang dilakukan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika semester genap di kelas V SDN 37 Banda Aceh?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada semester genap di kelas V SDN 37 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalahan seluruhsiswakelas V SDN 37 Banda Aceh yang berjumlah 26siswa, terdiri dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi dan interview/wawancara. Tujuan dari dokumentasi adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada semester 2. Adapun tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasitentang alternatif pilihan jawaban dan menganalisis kesalahan siswa terhadap soal yang diberikan.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan siswa lebih banyak melakukan kesalahan konsep daripada kesalahan prinsip, kesalahan operasi, kesalahan dikarenakan kecerobohan. Kesimpulan tersebut berdasarkan data hasil analisis yakni persentase kesalahan konsep 35,54%; persentase kesalahan prinsip 31,24%, persentase kesalahan operasi 21,95%, dan persentase kesalahan dikarenakan kecerobohan 11,27%.

.

Kata Kunci : analisis kesalahan, soal matematika


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daitin, Tarigan. 2003. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Djamarah, Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gramedia Pustaka Utama. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Julianty, Rifka. 2007. Penggunaan Pendekatan Pembelajaran di Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Komarudin Ukim M dan Sukardjo. 2010. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahayu, Minto. 2006. Kesulitan Belajar Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar_Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subarinah, Sri. 2006. InovasiPembelajaranMatematikaSekolahDasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan. 2001. Kiat-Kiat Guru dalam Mengatasi Masalah pada Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triato. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiyartimi. 2010. Kesalahan-Kelahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daitin, Tarigan. 2003. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Djamarah, Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gramedia Pustaka Utama. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Julianty, Rifka. 2007. Penggunaan Pendekatan Pembelajaran di Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Komarudin Ukim M dan Sukardjo. 2010. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahayu, Minto. 2006. Kesulitan Belajar Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar_Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subarinah, Sri. 2006. InovasiPembelajaranMatematikaSekolahDasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan. 2001. Kiat-Kiat Guru dalam Mengatasi Masalah pada Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triato. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiyartimi. 2010. Kesalahan-Kelahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh