UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Rafika. rafika, Israwati. israwati, Bakhtiar. Bakhtiar

Abstract


Dalam konteks kemandirian belajar siswa, salah satu upaya guru adalah menumbuhkan kemandirian. Penelitian ini berupaya mengungkapkan upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh dan   kemandirian belajar siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif.

Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan kepada siswa untuk melihat kemandirian belajar siswa di kelas tinggi yang berjumlah 18 siswa yang dipilih secara random dan teknik wawancara dilakukan kepada 9 orang guru kelas yang mengajar di kelas tinggi. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan dan persentase.

Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama guru menggunakan multi metode dalam mengajar. Kedua guru menumbuhkan rasa senang dalam belajar yaitu sambil bermain, memberi pujian dan memberi hadiah. Ketiga guru memanfaatkan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan, internet, dan alat peraga yang ada disekolah. Keempat guru memberi motivasi belajar dalam bentuk ceramah, cerita dan tanya jawab.

Simpulan penelitian ini adalah guru di SD Negeri 22 Banda Aceh telah maksimal dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa yang dilakukan dalam memotivasi dan membuat perencanaan mata pelajaran. Disamping itu siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh termasuk kategori baik dalam kemandirian belajar.

 

Kata Kunci: Upaya guru, menumbuhkan, kemandirian belajar siswa

 


References


Ali, Muhammad & Muhammad Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

& Safruddin Cepi Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

FKIP Unsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Jas, Walneg S. 2010. Wawasan Kemandirian Calon Sarjana. Jakarta: Murai Kencana.

Lismaya, Fitri Chairiah. 2014. Upaya Guru Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Kutabaro. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Tidak di terbitka

Mujiman, Haris. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh