PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS DI GUGUS BUNGONG SEULANGAKECAMATAN SYIAH KUALAKOTA BANDA ACEH

Mursalin. mursalin, Sulaiman. Sulaiman, Nurmasyitah. Nurmasyitah

Abstract


Dalam konteks persoalan manajemen kelas, yang dapat dilakukan oleh guru adalah pelaksanaan manajemen kelas. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen KelasDi Gugus Bungong Seulanga  Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran guru dalam pelaksanaan manajemen kelas di Gugus Bungong Seulanga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh terlaksana dengan baik, dan (2) cara mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan manajemen kelas di (Gugus) SD Negeri Bungong Seulanga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi danwawancara. Teknik observasi (pengamatan) dan didukung dengan teknik wawancara, teknik wawancara adalah dengan mewawancarai 8 (delapan) guru kelas. Selanjutnya seluruh datadiolah dengan tahapan anlisis data kualitatif yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

            Dari Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru kelas di SD Gugus Bungong Seulanga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh memiliki kemampuan yang baik dalam pelaksanaan manajemen kelas. Guru sangat berperan dalam merencanakan, mengorganisakan, meminpin, dan mengendalikan kelas, Guru membina dan membimbing peserta didik sesuai dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya, membantu peserta didik belajar dan bekerja sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya, dan mengatasi hambatan-hambatan yang menghalangi terwujudnya interaksi dalam kegiatan belajar mengajar.

            Kendala-kendala dalam manajemen kelas yang terjadi biasanya berkaitan dengan siswa. Kendalanya pada saat proses pembelajaran berlangsung ada siswa yang membuat keributan dikelas, tidak mau mendengar penjelasan dari gurunya dan ada siswa tidak mau belajar. Kendala tersebut juga sering terjadi karena kurang kesiapan guru dalam manajemen kelas dan kurangnya memusatkan perhatian kapada siswa.Guru harusselalu memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dengan baik. Jika ada siswa yang berbuat tidak baik guru menegur, sehingga perilaku siswa yang tidak baik tersebut tidak berkelanjutan suasana kelas tidak menjadi kacau dan tidak kondusif.

 

Kata Kunci: Manajemen Kelas, Peran Guru

 


References


Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.

Ambarita, Alben. 2006. Manajemen Pembelajaran. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Djamarah, Bahri Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Evertson dan Emmer. 2011. Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Lucchiana. 2013. Peran guru dalam pengelolaan kelas. Diakses dari

(http://www.academia.edu/blogspot.com) Pada taanggal 1 maret 2016

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT. Remaja Kosdakarya.

Mujtahid 2010. Manajemen Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Padmono, Y. 2011. Manajemen Kelas. Salatiga: Widyasari.

Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raj

Grafindo Prasada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2013. Manajemen Pnedidikan. Bandung: Alfabeta.

Udin Syaefudin Saud. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Winataputra. 2003. Manajemen Peserta didik. Jakarta: Bina Karya.

Wiyani. 2013. Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Wibowo,Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh