FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI ANAK KELAS 1 SD NEGERI 20 BANDA ACEH

Kana Saputri, Fauzi. fauzi, Nurhaidah. Nurhaidah

Abstract


Literasi dalam arti kemampuan membaca dan menulis permulaan memiliki peranan yang sangat penting, literasi dikelas awal merupakan ddasar penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar siswa, namun masih ada siswa di sekolah dasar tidak mampu membaca dan menulis (Literasi) denga baik. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Kemampuan Siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi literasi anak kelas satu SD Negeri 20 Banda Aceh”, rumusan masalah dalam peneitian ini adalah “Faktor apa saja yang mempengaruhi  literasi anak kelas satu SD Negeri 20 Banda Aceh?”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi literasi anak yang di ajarkan disekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu SD Negeri 20 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumen dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif non statistik, dimana komponen reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data, kemudian peneliti menggunakan rubrik penilaian dari buku guru kurikulum 2013 untuk mendapatkan nilai tes literasi anak dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan rumus presentase.

Hasil penelitian yang didapat pada penelitian ini adalah ada beberapa faktor yang mempengaruhi literasi anak diantaranya adalah latar pendidikan orang tua, usia anak, bimbingan belajar yang didapat, keluarga (tingkat kepedulian keluarga) dan gen (keturunan). Diketahui sebanyak 32.14% anak yang mendapatkan nilai sangat Baik, 82.57% anak memperoleh nilai Baik, 21.42% anak memperoleh nilai cukup dan 17.85% anak mendapatkan nilai kurang.

 

Kata Kunci: faktor faktor yang berpengaruh, Literasi


References


Ahmadi Anas. & Jauhar Muhammad. 2015. Dasar-Dasar Psikoliguistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.

Bukhari. 2012. Membaca dan Menulis. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.

Indri Hapsari, Iriani. 2016. Psikologi perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Air Bumi, dan Matahari. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang Kemendikbud.

Komsyiah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Kuraesin, Nunung & Sri Hapsari. 2009. Pinter Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembukuan.

M. Echol, John. 2010. An English-Indionesia Dictionary.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong J, Lexy. 2005. Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mustafa, Fahim. 2005. Agar Anak Anda Gemar Membaca. Bandung: Hikmah.

Mustofa, Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Pandak Bantul Yogyakarta : Parama Ilmu.

Otto, Baverly. 2016. Literacy Development In Early childhood. Northeastern : Illinois state Board of Education.

Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar.Jakarta: PT Indeks.

Subini Nini. 2013. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak Anda. Yogyakarta: Javalitera.

Sugiyono. 2012. MetodePenelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh