KENDALA GURU DALAMMENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 2 KOTA BANDA ACEHKENDALA GURU DALAMMENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH

Indah Fajar Riani, Sulaiman. Sulaiman, Mislinawati. Mislinawati

Abstract


Dalam konteks persoalan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013, yang dilakukan guru adalah Menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Dalam melakukan observasi ( pengamatan), peneliti bertindak sebagai pengamat penuh tanpa terlibat dalat menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013. Selain itu didukung dengan teknik wawancara, teknik wawancara adalah dengan mewawancarai 10 orang guru di SD Negeri 2 Banda Aceh. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik diantaranya adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP ) guru kurang memahami langkah- langkah pembelajaran sesuai sintak yang ada pada  model pembelajaran. Sehingga guru kurang mampu dalam menstimulus siswa untuk menemukan sendiri masalah yang ada pada materi pembelajaran, pengelolaan dan pengawasan kelas guru kurang mampu mengarahkan siswa yang kurang pintar untuk terlibat aktif dengan bekerjasama dalam kelompok, terkendala dalam menyediakan alat dan bahan jika diperlukan dalam melakukan proyek, dan guru kurang menyiasati waktu yang tersedia.

Simpulan penelitian ini adalah pengelolaan dan pengawasan kelas yang tidak dapat berjalan dengan maksimal dan ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga, proses penerapan model pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal.

 

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kendala Guru, Model Pembelajaran

 

 

 



Full Text:

PDF

References


Al-Khouly. 2009. Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DPN Staf

Arifin. 2011. Paradigma Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

----------. 2006.Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Dakir. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .Jakarta : BSNP

Djamarah. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Jacob. 2014. Manajemen Pendidikan Indonesia.Jakarta : Ardadizya.

Haidir & Salim. 2012. Startegi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif. Jakarta: Perdana Publishing.

Junianto. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusnandar. 2008.Konsep dan Makna pembelajaran.Bandung : Alfabeta

Mardalis. 2012. Langkah-langkah dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, 2013.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Jaya.

Nasution. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nurgiantoro. 2006. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar, Hamalik. 2007.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kusnandar. 2008. Karakteristik dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Dkk. 2014.Kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Grafika Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh