KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSESPEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH

Yuni Zuhera, Syarifah Habibah Habibah, Mislinawati. Mislinawati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh? Apakah kesulitan guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh? Bagaimanakah upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pemberian nilai terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa, kesulitan guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pemberian nilai terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Subjek penelitian sebanyak 6 orang guru dipilih dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan logika induktif, yakni dari khusus ke umum.

Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru memberikan penilaian terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh dengan cara mengamati atau melakukan observasi secara langsung terhadap sikap siswa pada saat proses belajar berlangsung. Kesulitan guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh adalah keterbatasan waktu, jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas dan sulitnya mengarahkan siswa  untuk  menanamkan sikap yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pemberian nilai terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh adalah dengan melakukan diskusi dengan orang tua siswa, koordinasi dengan guru lainnya dan juga bertanya dengan siswa lainnya untuk mendapatkan infromasi yang rinci.

 

Kata kunci:    Kendala Guru, Penilaian Sikap

 


Full Text:

PDF

References


Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Al-Khouly. 2009. Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DPN Staf

Arifin. 2011. Paradigma Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

----------. 2006. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dakir. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta : BSNP

Djamarah. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto & Sudjendro. 2014. Wacana Bagi Guru SD. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fitri., Zaenul Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Ar- Ruzz Media.

Jacob. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ardadizya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh