KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJARNYA DI KELAS V SD NEGERI I PAGAR AIR ACEH BESARKORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJARNYA DI KELAS V SD NEGERI I PAGAR AIR ACEH BESAR

gusti intan puspita, Monawati. Monawati, Rosma Elly Elly

Abstract


Hasil belajar yang diperoleh siswa tergantung kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengalami dan menerima pengalaman belajar.Dalam menerima pengalaman tersebut, siswa mendapatkan stimulus dari luar dirinya. Stimulus tersebut selanjutnya akan diproses menjadi sebuah persepsi.Penelitian ini berupaya untuk melihatadakah korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan hasil belajarnya di kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan hasil belajarnya di kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.Hipotesis penelitian ini ada korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan hasil belajarnya di kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar dengan populasi sebanyak 46 siswa dan sampel sebanyak 46 siswa.Populasi diambil dari 2 kelas, yaitu kelas VA, dan VB. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan menggunakan skala likert.Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dilakukan secara manual.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran persepsi siswa pada kriteria baik (rata-rata = 69,97) dan hasil belajar siswa yang diperoleh (rata-rata = 40,97). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dengan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara persepsi siswa dengan hasil belajar siswadiperoleh rhitung (0,373) >rtabel(0,297).Melihat dari besarnya korelasi tersebut, bisa dikatakan korelasi persepsi siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika terletak pada koefisien korelasi  rendah.

 

Kata kunci: Persepsi Siswa, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danarjati,DwiPrasetia, dkk. 2013.Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Depdiknas. (2005). Tinjauan Pustaka, Persepsi, (Online), (httprepository.usu.ac.idbitstream123456789350734Chapter%20II.pdf, accessed 10 Oktober 2015).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh. FKIP Universitas Syiah Kuala.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hudoyono, Herman. 2003. Teori Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: CV. Remaja Karya.

Husdarta dan Saputra. 2010. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Irham, Muhammad. dan Wiyani, Ardy Novan. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.

Lukaningsih, Luk Zuyina. 2010. Pengembangan kepribadian untuk mahasiswa kesehatan dan umum. Yogyakarta: Nuhamedica / Medical book.

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soejadi, R. 2005. Pembelajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Bandung: Tarsito.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Coopertative learning: teori dan aplikasi pikem. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suyono dan hariyanto. 2012. BelajardanPembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triwulan, Titik,T& Trito. 2006. Tinjauan Pustaka, Persepsi, (Online), (httprepository.usu.ac.idbitstream123456789350734Chapter%20II.pdf, accessed 10 Oktober 2015).

Widayani. 2011. Hubungan Antara Persepsi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Kelas X Ma Nu Nurul Huda Mangkang, (online), (jtptiain-gdl-widayani06-5211-1-fileskr-i, accessed 24 april 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh