PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN DI KELAS II SDN 14 BANDA ACEH

Rina Meli Suciati, Nurhaidah. Nurhaidah, Linda Vitoria

Abstract


Penelitian ini berjudul pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun dengan teman bermain di kelas II Sekolah Dasar  Negeri 14 Banda Aceh. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun dengan teman bermain di kelas II Sekolah Dasar  Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun dengan teman bermain di kelas II Sekolah Dasar  Negeri 14 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II  pada tahun ajaran 2016-2017 yaitu 1 orang.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa lembaran pengamatan yang peneliti amati mengenai pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa oleh guru selama berlangsungnya proses belajar mengajar. Kegiatan observasi ini dilakukan selama 6 hari pada 6 pembelajaran berdasarkan subtema Hidup Rukun dengan Teman Bermain.

Simpulan penelitian ini adalah penilaian menuntut guru agar secara langsung maupun tidak, mampu melaksanakan penilaian dalam keseluruhan proses pembelajaran guna untuk menilai sejauh mana siswa telah menguasai beragam kompetensi. Pelaksanaan penilaian hasil  belajar siswa  pada tema Hidup Rukun dengan subtema Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada kelas II Sekolah Dasar  Negeri 14 Banda  Aceh pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan sudah terlaksana dengan Kurikulum 2013.

 

Kata kunci:    pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa, subtema hidup rukun dengan teman bermain


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Jumal. 2014. ”Perihal Keunggulan dan Kelemahan Kurikulum 2013”, (Online), (https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2014/04/27/perihal-keung gulan-dan-kelemahan-kurikulum-2013/., diakses 25 Agustus 2016).

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Daryanto dan Herry Sudjendro (Ed.). 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Djufri dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Pedoman Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryanto dkk. 2014. Tema 1 Hidup Rukun (buku tematik terpadu kurikulum 2013. Buku Guru). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryanto dkk. 2014. Tema 1 Hidup Rukun (buku tematik terpadu kurikulum 2013. Buku Siswa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.

.............. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh