KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH

Guntari. Guntari, Bukhari. Bukhari, syarifah Habibah

Abstract


Membaca pemahamana dalah membaca dengan penuh penghayatan untuk menyerap apa yang dikuasai siswa/pembaca. Salah satu sarana sekolah yang mampu menumbuhkan minat baca siswa adalah melalui perpustakaan sekolah. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah kontribusi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kuantitas/tingkat keseringan siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh dalam membaca di perpustakaan, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh, dan (3) kontribusi/kemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Banda Aceh dengan populasi sebanyak 62 siswa dan sampel sebanyak 62 siswa. Populasi diambil dari 2 kelas, yaitu kelas VA dan VB. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui angket dan tes. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dilakukan secara manual.

Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) kuantitas/tingkat keseringan siswa dalam membaca di perpustakaan sebesar 73% atau tergolong dalam kategori baik, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh memiliki rata-rata 59 atau tergolong dalam kategori cukup, (3) berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui  yaitu sebesar 0,316 sedangkan  yaitu sebesar 4,00. Dengan demikian, , maka  dinyatakan diterima dan  dinyatakan ditolak kebenarannya, artinya tidak terdapat kontribusi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh.

 

Kata Kunci :Kontribusi,PerpustakaanSekolah, MembacaPemahaman

 

 

 

 

 


References


Alek, dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa Membaca dan Menulis. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.

FKIP Unsyiah. 2016. PedomanPenulisanSkripsi. Banda Aceh: Universitas

Syiah Kuala.

Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saputra, Julianda. 2013. Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwarno, Wiji. 2010. Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Thamrin, dkk. 2011. Perpustakaan di Aceh Sepanjang Masa. Aceh: Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh.

Usman, Husaini dan Setiady. 2015. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca (Peningkatan Komprehensi). Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh