UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY DI KELAS V SD NEGERI LAMPAGEN ACEH BESAR

fauziah. fauziah, intan safiah, syarifah habibah

Abstract


Dalam konteks interaksi proses belajar mengajar siswa kurang termotivasi. Penelitian ini mengungkapkan upaya peningkatan motivasi belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam memberikan motivasi belajar dan juga respon belajar siswa melalui lesson study di kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, mengetahui aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam memberikan motivasi belajar, dan juga mengetahui respon belajar siswa melalui lesson studydi kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar sebanyak 15 siswa.Pelaksanaan lesson study dimulai dari tanggal 24 September sampai 11 Oktober 2016.Jenis penelitian ini Deskritif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan angket respon siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan statistik sederhana untuk melihat atau mencari nilai rata-rata jawaban responden.

Berdasarkan hasil penelitian, data motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama 3,31. Kedua 3,73. Dan ketiga 3,81. Analisis nilai rata-rata sudah ada peningkatan motivasi belajar siswa pada tiap pertemuan. Data aktifitas siswa pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 3,28. Kedua 3,71 dan ketiga 3,8. Siswa sudah termotivasi dan aktif dalam belajar mengajar. Hasil kemampuan guru  pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 3,15. Kedua 3,55 dan ketiga 3,77. Respon siswa memperoleh nilai persentase sebanyak 84,63 dan siswa sudah termotivasi.Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar sangat antusias dan senang dengan kegiatan pembelajaran melalui lesson study yang telah dilakukan.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Lesson Study

 


Full Text:

PDF

References


Amir, Akmira.2013. Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Melalui Lesson Study. 1 (2):130-142.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

In’am, A. 2009.Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study Berbasis Metakognisi. Jurnal Salam, 12 (1):125-132.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.

Santrock.(2010). Psikologi Pendidikan.Jakarta : kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Susilo, H., Chotimah, H., Joharmawan, R., Jumiati., Sari, Y. D., dan Sunarjo. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumdeia publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh