PENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESARPENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR

dina triwinarni, fauzi. fauzi, monawati. monawati

Abstract


Kedisiplinan belajar seorang siswa salah satunya dipengaruhi oleh faktor kecerdasan. Manusia dianugerahi berbagai macam kecerdasan oleh Allah SWT. Menurut Gardner kecerdasan manusia ada 8 kategori, salah satunya kecerdasan logika matematika. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Hipotesis penelitian ini ada pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 45 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar yang ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 5,98 > 4,10 dan persamaan regresi Ŷ = 76,02 + 0,99X yang dapat memprediksi naik turunnya nilai kedisiplinan belajar siswa. Besarnya pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa dapat dilihat dari nilai rxy = 0,370, rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,370 > 0,320, artinya kecerdasan logika matematika memberikan kontribusi sebesar 13,69%.

 

Kata kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Kedisiplinanbelajar

Full Text:

XML Untitled Remote

References


Ag, Moch Masykur dan Fathani, Abdul Halim. 2007. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dolet, Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh. FKIP Universitas Syiah Kuala

Huri, Suhendri. 2012. Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar MatematikaProsiding, Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA UNY. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/8082/1/P%20-%2043.pdf. pada tanggal 06 Mei 2016.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak (Edisi Keenam). Diterjemahkan oleh Meitasari Tjandrasa. Tanpa Tahun. Jakarta: Erlangga

________________. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2008. Jakarta: Erlangga.

Ma’sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Diakses dari lib.unnes.ac.id pada tanggal 29 Agustus 2016

Mulyasa E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. 2014. Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research. (Online). Vol.4 No.1. Tersedia: Diakses dari http://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/1847 pada tanggal 29 Agustus 2016

Oemar, Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Malang: Teras.

Safitri, Anita. 2014. Hubungan Antara Kecerdasan Logika Matematika dengan Kedisiplinan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id pada tanggal 06 Mei 2016

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

_____________. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Uno B; Hamzah. dan Umar, Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini & Akbar, R. Purnomo S. 2008. Pengantar Statistika (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh