EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN DI SMA SE-KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Aulil Fakhran, Ifwandi Ifwandi, Muhammad Jafar

Abstract


Kualitas seorang pengajar dengan kemampuannya mengapresiasikan hal-hal baru sebagai tujuan pembelajaran yang akan mampu memberikan pendidikan jasmani yang kreatif dan berkualitas yang di modifikasi. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui dan mengevaluasi upaya memanfaatkan media modifikasi dalam pembelajaran di SMA se-Kabupaten Aceh Barat Daya.Tujuan penelitian ini, peneliti memilih jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan jumlah sampel 11 orang guru Penjaskes mewakili masing-masing SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Barat Daya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dengan instrumen berupa lembar observasi, dan kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kemudian dideskripsikan secara kualitatif.

            Hasil penelitian menampakkan bahwa upaya guru penjaskes dalam pemanfaatan media modifikasi di SMA se-Kabupaten Aceh Barat Daya berada pada kategori “baik” sebesar 91,9% (10 guru), kategori “cukup” sebesar 9,1% (1 guru), upaya guru berada pada kategori kurang. Dari hasil penelitian ini, maka guru agar menambah model-model pembelajaran untuk meningkatkan dalam proses belajar mengajar dan murid tidak merasa bosan.

 

Kata Kunci: evaluasi, media modifikasi, pembelajaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.