PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS PADA PEMAIN PB MALAKA SAMAHANI ACEH BESAR

Muhammad Rezal, Ifwandi Ifwandi, Nyak Amir

Abstract


Bulu tangkis adalah sebuah cabang olahraga yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Tiap cabang olahraga mempunyai tuntutan kondisi fisik yang berbeda-beda, dalam cabang olahraga bulu tangkis salah satu komponen yang penting untuk ditingkatkan dan dilatih adalah power khususnya power otot tungkai. Upaya peningkatkan power otot tungkai adalah latihan, salah satu latihan yang dapat digunakan adalah latihan skipping, dengan melakukan latihan skipping selain dapat membakar kalori, latihan skipping juga dapat membaantu meningkatkan power otot tungkai, selain membantu meningkatkan power otot tungkai latihan skipping juga sangat sederhana dan bermanfaat banyak bagi tubuh.

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh latihan skipping terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bulu tangkis. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain bulu tangkis binaan PB Malaka yang berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel ialah dengan teknik total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel, Pengumpulan data dilakukan dengan tes power otot tungkai menggunakan item tes vertical jump sebelum dan sesudah diberikan latihan.

Hasil penelitian menunjukan, dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai th sebesar 6,45 lebih besar bila dibandingkan dengan nilai tt sebesar 2,11. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima kebenarannya. Sehingga, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan skipping terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bulu tangkis pada pemain PB Malaka Samahani Aceh Besar.

Kata kunci: latihan skipping, power otot tungkai, bulu tangkis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.