HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU PADA SISWA PUTRA KELAS XI MAN 4 KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN 2016

Muhammad Ramadhan, Abdurrahman Abdurrahman, Amiruddin Amiruddin

Abstract


Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan mendorong bola besi seperti bola baseballyangterbuatdaribesi atau kuningan.Salah satu komponen pendukung agar hasil tolak peluru sempurna adalah power, karenauntuk melakukan suatu tolakan yang jauh dan sempurnadiperlukan  power otot lengan yang baik.

Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah ada hubungan power otot lengan dengan kemampuan tolak peluru.Jenis penelitian yaitu research correlation.Populasi yaitu segenapsiswakelas XI MAN 4 Aceh Timur Tahun 2016yang berjumlah 93 orang.Purposive samplingadalah teknik pengambilan sampel.Sampel penelitian yaitu33 siswa yang dipilih atas pertimbangan tertentu.

Data penelitian diperoleh dari item tes yang digunakan sebagai alat ukur.Data yang didapat selanjutnya dihitung tingkat hubungannya menggunakan rumus-rumus statistik. Hasil yang didapat yaitu: Power otot lengan dan kemampuan tolak peluru mempunyai suatu hubungan yang kuat (rxy = 0,70), peranpower otot lengan kepada kemampuan tolak peluru yaitu 49%. kemudian 51%  lagi didukung komponen-komponen lain, seperti: keseimbangan, kekuatan dan kecepatan reaksi.

Kata kunci: power otot lengan, kemampuan tolak peluru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.