MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PADA SMA NEGEI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN 2017

Zainal Abidin, Ifwandi Ifwandi, Masri Masri

Abstract


Minat Siswa Mengikuti Ekstrakurikulerbola Voli Pada SMA Negei 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan 2017”. Minat siswa sangat mempengaruhi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler disekolah. Untuk mengwujudkan aktivitas olahraga memerlukan adanya minat karna minat maka merangsang rasa tertarik untuk melakukan olahraga terutama kegiatan ekstrakulikuler.  Peneletitian ini berupaya mencari tahu bagaimanakah minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli yang dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk angket yang berbentuk pernyataan. Data penelitian ini bersumber dari para siswa SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan, sedangkan sumber data adalah sebanyak  25 orang siswa– siswi SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan yang menjadi sampel penelitian.

 Adapun teknik yang di gunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan koensioner atau angket kemudian diisi oleh siswa yang telah dibuat penyataan secara tulis. Kemudian data tersebut di analisis secara keseluruhan dengan menggunakan rumus persentase sederhana.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini  menunjukkan minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli pada SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan berada pada katagori tinggi sebesar 72 % (18) siswa, kemudian katagori sedang sebesar 24 % (6) siswa  dan ketegori rendah 4 % (1) siswa. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa minat sisawa mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan berada pata katagori tinggi.

Simpulan penelitian ini adalah minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli pada SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan sangat bagus yaitu berada pada katagori tinggi. Dengan melihat hasil ini, maka diharapkan kepada pihak sekolah dan guru harus lebih efektif dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

katakunci : Minat, ekstrakurikuler, permainan bola voli


Refbacks

  • There are currently no refbacks.