PERSEPSI SISWA TERHADAP UPAYA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MEMODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR

Ika Yuni Kurniasih, Miskalena Miskalena, Ifwandi Ifwandi

Abstract


Penelitian yang berjudul “Persepsi Siswa Terhadap Upaya Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Memodifikasi Media Pembelajaran Permainan Bola Besar”. Persepsi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam menanggapi, memahami dan memberi pandangan akan suatu objek yang diamati oleh panca indera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap upaya guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam memodifikasi media pembelajaran Permainan Bola Besar. Jenis penelitian ini termasuk kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menggunakan data berupa kalimat tertulis atau lisan, perilaku, fenomena dan peristiwa, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Ingin Jaya Aceh Besar  yang berjumlah 160 siswa, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah  sebanyak 32 siswa dengan mengambil 20% dari keseluruhan jumlah populasi menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner atau angket. Penelitian ini menunjukkan persepsi siswa-siswi terhadap upaya guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam memodifikasi media pembelajaran permainan bola besar. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap upaya guru Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam memodifikasi media pembelajaran permainan bola besar dengan persentase 9.68% untuk alternatif jawaban SS, sebanyak  27,5% untuk alternatif jawaban S, sebanyak 16,0% untuk alternatif jawaban TS, serta sebanyak 5,3% untuk alternatif jawaban STS. Jadi dari persentase di atas dapat disimpulkan untuk total persentase  persepsi siswa terhadap upaya guru Penjasorkes dalam memodifikasi media pemebelajaran permainan bola besar sebanyak 58,62% dan termasuk dalam kategori cukup baik.

Kata Kunci: persepsi, siswa-siswi, modifikasi media pembelajaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.