PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BINGO PADA MATERI KONSEP REAKSI REDOKS UNTUK SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH

Dini Shafia, Muhammad Nazar, Ade Ismayani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengembangkan media permainan bingo pada materi reaksi redoks untuk siswa kelas X SMA Laboratorium Unsyiah, dan (ii) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media permainan bingo pada materi ‘reaksi redoks’. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Tahap analisis dilakukan dengan cara mewawancarai guru dan PPL SMA Laboratorium Unsyiah mengenai masalah yang dihadapi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tahap perancangan meliputi kegiatan perumusan butir-butir soal dan penentuan desain media (ukuran kartu, warna dan background) yang akan divalidasi. Tahap pengembangan meliputi kegiatan pembuatan media permainan bingo sesuai rancangan dan melakukan perbaikan sebagai umpan balik dari hasil penilaian validator ahli. Pada tahapan implementasi dilakukannya proses pembelajaran menggunakan media permainan bingo yang telah dikembangkan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media permainan bingo. Pada tahap evaluasi dilakukan penentuan keberhasilan pengembangan media permainan bingo menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan media permainan bingo, respon peserta didik diketahui bahwa media permainan bingo telah berhasil dikembangkan dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 98.4% dan 100% sehingga memperoleh kategori sangat layak. Persentase aktivitas belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 76.33% tergolong dalam katagori baik serta memperoleh persentase untuk tanggapan peserta didik terhadap media permainan bingo pada materi reaksi redoks sebesar 88.13% yang tergolong pada katagori sangat baik. Perolehan persentase ini tergolong sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa peserta didik SMA Laboratorium Unsyiah memberikan respon sangat setuju bahwa media permainan bingo yang telah dikembangkan dapat diterima sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada materi reaksi redoks.

Kata kunci : permainan bingo, reaksi redoks.

 

Abstract

This research conducted  to: (i) develop bingo game media on redox reaction material for class X students of SMA Laboratorium Unsyiah , and (ii) to describe students  responses to bingo game media on 'redox reaction' material. In this research, the ADDIE model of Research and Development (R & D) method was used. The analysis step is done by interviewing teachers and PPL SMA Laboratorium Unsyiah about the problems faced by students in following the learning process. The design step includes the activity of formulation of items and the determination of media design (card size, colors and background) to be validated. The development step includes the making of bingo game media according to the design and make improvements as feedback from the results of expert validator assessment. In the implementation step of the learning process using bingo game media that has been developed to determine the response of students to the media game bingo. At the evaluation stage, the determination of successful development of bingo game media using ADDIE model. Based on the expedience of bingo game media, the students responses are known that bingo game media has been successfully developed with the average percentage of expedience of 98.4% and 100% then obtaining very expendience categoery. Percentage of learning activity of students obtained by 76.33% obtaining good catagoery and get percentage for student response to bingo game media on redox reaction material equal to 88.13% which is classified in very good category Those response percentages classified very good, so it can conclude that students of SMA Laboarotorium Unsyiah  respond very agree that bingo game media that have been developed can be accepted as one of alternative media of learning on redox reaction material.

Keywords: bingo game, redox reaction.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.