UPAYA GURU DALAM MENGATASI KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI TES (PENCAPAIAN HASIL BELAJAR) SISWA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

Rudiansyah Rudiansyah, Amirullah Amirullah, Muhammad Yunus

Abstract


Penelitian yang berjudul: “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kecemasan yang sering di alami siswa dalam menghadapi tes (pencapaian hasil belajar) di SMP Negeri 3 Banda Aceh dan upaya apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi tes (pencapaian hasil belajar) di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kecemasan yang sering di alami siswa dalam menghadapi tes (pencapaian hasil belajar) di SMP Negeri 3 Banda Aceh dan upaya apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi tes (pencapaian hasil belajar) di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berada di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 guru yang terdiri dari guru Bahasa Indonesia, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, guru Bimbingan Konseling dan guru fisika. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling adalah salah satu teknik pengambilan sampel dengan berdasarkan daripada pertimbangan tertentu yang sesuai dengan tujuan peneliti. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis jawaban yang diberikan oleh guru tentang masalah atau pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Bentuk-bentuk kecemasan siswa yang dialami dalam menghadapi pencapaian hasil belajar adalah 1). Kurangnya konsep belajar seperti buku tentang cara praktis belajar, guru yang memotivasi, 2). Kurang penguasaan materi, 3). Gugup, gemetar, berkeringat saat mengerjakan tes hasil belajar, 4). Rasa takut yang bisa membuatnya dihukum (neorotik), dan kecemasan yang membuat rasa malu, 5). Putus asa atau tidak percaya diri dalam mengerjakan tes hasil belajar, dan 6). Gelisah, was- was, melamun. Upaya guru mengatasi kecemasan siswa menghadapi tes adalah 1). Menanamkan konsep, 2). Sering memberi latihan, 3). Tray out, 4). Model pembelajaran yang bervariasi, 5). Mengajar dengan teknik pembelajaran yang berbeda. Disarankan kepada seluruh guru serta orang tua untuk memotivasi dan memberikan perhatian yang lebih kepada siswa agar selalu belajar dengan tekun dan teratur selama mereka tidak di sekolah. Hal tersebut akan menjadikan siswa lebih siap dalam menghadapi tes yang akan mereka lakukan di sekolah.

Kata kunci: Upaya Guru, Kemasan Siswa, dan Pencapaian Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.