PENGARUH BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Hajri Takriyuddin, Zulihar Mukmin, Muhammad Yunus

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan beasiswa bidikmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarga negaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif Sedangkan jenis penelitian ini adalah korelasi. Jumlah populasi 196 orang. Sampel Mahasiswa Bidikmisi sebesar 30% dari jumlah 66 mahasiswa adalah sebanyak 20 orang. Sedangkan sebagai sampel pembanding Mahasiswa Non Bidikmisi sebesar 15% dari jumlah 130 mahasiswa adalah sebanyak 20 orang dalam jumlah yang sama dengan Mahasiswa Bidikmisi dari setiap Angkatan 2012, 2013, 2014 dan 2015, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa dari jumlah populasi. Data penelitian ini bersumber dari pengumpulan dokumentasi berupa KHS dengan melihat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Mahasiswa Bidikmisi dan Non Bidikmisi PPKn. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengujian uji-t dan uji dua beda. Pengolahan data dilakukan secara manual dan peneliti juga menggunakan alat bantu yaitu Program Aplikasi Pembantu Komputer IBM SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Terbukti hasil uji-t diperoleh thitung = 7,14 dengan taraf signifikan α = 0.05 melihat tabel distribusi - t dengan t(0.05) (19) maka diperoleh hasil adalah ttabel = 2,09, maka diperoleh perbandingan thitung > ttabel (7,14 >2,09) maka Ha diterima. Saran peneliti kepada Universitas agar dapat terus melakukan pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu terutama beasiswa bidikmisi, dengan adanya beasiswa maka motivasi untuk belajar terus meningkat serta mendapatkan prestasi yang gemilang untuk mahasiswa itu sendiri.

Kata kunci : Bidikmisi, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.