HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA MTsN TUNGKOB

Aris Nanda, Muhammad Yunus, Erna Hayati

Abstract


Judul: Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa MTsN Tungkob. Latar belakang masalahnya adalah sebagai lingkungan pertama berlansungnya proses perkembangan dengan pertubuhan manusia adalah keluarga, maka dalam hal ini orang tua bertanggung jawab dalam pembentukan anak yang lebih baik, baik yang menyangkut dengen material maupun sepiritual. Orang tua merupakan pendidikan utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Orang tua yang tidak mau memperhatikan pendidikan anak mereka kurang, mereka kurang memperhatikan fasilitas belajar anak serta tidak mau tahu tentang berbagai kesulitan anak saat belajar, serta akademis yang berpengaruh pada pencapaian prestasi anak. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar PKn pada siswa MTsN Tungkob. Tujuan adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar PKn pada siswa MTsN Tungkob. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Tungkob Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 680 anak yang terbagi dalam 18 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTsN Tungkob yang berjumlah 68 siswa atau 10% dari populasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni teknik untuk mendapatkan sampel bilamana populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan, menghitung rata-rata, standar deviasi, t skor, korelasi, dan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: perhatian orang tua memberi hubungan, akan tetapi tidak signifikan terhadap prestasi belajar PKn, dimana hasil pengujian diperoleh nilai r = 0,13 sehingga koefesien determinasinya adalah (0,13)2 x 100% = 1,69%. Ini menunjukkan bahwa 1,69% variasi skor yang terjadi terhadap prestasi belajar PKn pada siswa MTsN Tungkob dapat dijelaskan oleh perhatian orang tua, sehinggakontribusi faktor-faktor lainnya sebesar 98,31%. Disarankan kepada guru yang mengajarkan mata pelajaran PKn khususnya dan para guru untuk memberikan masukan kepada orang tua dengan cara memotivasi para orang tua untuk memberikan perhatian yang lebih kepada siswa agar selalu belajar dengan tekun dan teratur.
Kata kunci: Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar PKn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.