GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENGANALISIS KONSEP FISIKA MELALUI GRAFIK KINEMATIKA

Endah Muliana, Saminan Saminan, Agus Wahyuni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya berpikir siswa dalam menganalisis konsep fisika melalui grafik pada konsep kinematika di SMA Negeri 2 Darul Makmur, Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Mipa1 dan X Mipa2 yang berjumlah 52 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/kuesioner, angket yang digunakan berupa angket tertutup yang diadaptasi dari buku Quatum Learning yang ditulis oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya berpikir sekuensial konkrit (S1) sebesar 27%, gaya berpikir sekuensial abstrak (S2) sebesar 14%, acak abstrak (A1) sebesar 34%, gaya berpikir acak konkrit (A2) sebesar 25%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan gaya berpikir siswa menganalisis konsep fisika melalui grafik kinematika di SMA Negeri 2 Darul Makmur, Nagan Raya.

Kata Kunci: gaya berpikir, menganalisis konsep fisika, grafik kinematika

 

Abstract

This study aims to determine the thinking styles of students in analyzing the physics concepts through graphs on the concept of kinematics at SMAN 2 Darul Makmur, Nagan Raya. The approach of this research is a qualitative approach with descriptive research. Subjects in this study are students of class X and X Mipa2 Mipa1 totaling 52 students. Data collection instrument in this study is a questionnaire / questionnaire, a questionnaire that is used in the form of closed questionnaire adapted from the book written Quatum Learning Bobbi DePorter & Mike Hernacki, observation and documentation. The results of this study indicate that concrete sequential thinking styles (S1) amounted 27%, sequential thinking style abstract (S2) amounted 14%, random abstract (A1) amounted 34%, random concrete thinking style (A2) amounted 25%. From this study it can be concluded that the difference in thinking styles of students analyze the concepts of physics through graphic kinematics at SMAN 2 Darul Makmur, Nagan Raya.

Keywords: Keywords: style of thinking, analyzing the concepts of physics, kinematics graph

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.