PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP

Putri Yolanda Utari, Soewarno S, Saminan Saminan

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perpindahan kalor di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu VII-7 sebagai kelas eksperimen, dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data yang diteliti bersifat homogen atau tidak. Untuk mengetahui adanya atau tidaknya perbedaan pengaruh hasil belajar yang segnifikan antara kelas VII-7 (eksperimen) dan VII-1 (kontrol), maka perlu dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 2,20 dan nilai ttabel = 1,67 dimana  thitung >ttabel yang menunjukkan bahwa tolak H0 dan terima Ha. Dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Children Learning In Science (CLIS) terjadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perpindahan kalor di SMP Negeri 7 Banda Aceh.

Kata Kunci: CLIS, Hasil Belajar, Perpindahan Kalor

 

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the use of models Children Learning In Science (CLIS) the learning outcomes of students of class VII in the material of heat transfer in SMP Negeri 7 Banda Aceh. The sample used in this study were two classes of VII-7 as the experimental class, and VII-1 as the control class. In this activity, gather data, researchers used a test in the form of a written instrument or a number of questions given to students. The data were then tested the homogeneity and normality test to determine whether the data studied are homogeneous or not. To determine whether or not the differences in learning outcomes segnifikan influence between classes VII-7 (experiment) and VII-1 (control), it is necessary to test the hypothesis. Test hypothesis is t-test (test right side) with the criteria for significance level of 0.05. Based on the results of data processing that have been analyzed are the criteria of the value t = 2.20 and a value table = 1,67 where thitung> ttabel indicating that reject H0 and accept Ha. Where it can be concluded that there are significant usage models Children Learning In Science (CLIS) terjadap class VII student learning outcomes in the material of heat transfer in SMP Negeri 7 Banda Aceh.

Keywords: CLIS, Learning Outcomes, Heat Transfer

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.