KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGIKUTI PENGAJARAN MIKRO

Sudirman Sudirman, Elisa Elisa, Agus Wahyuni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa program studi pendidikan fisika dalam mengikuti pengajaran mikro di FKIP Unsyiah tahun akademik 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Karena data-data kuantitatif digunakan dalam analisis statistik parametrik dan interprestasi data disajikan dalam bentuk deskriptif. Jenis penelitian ini adalah description research (penelitian deskriptif) dalam bentuk persentase. Seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika yang melaksanakan praktik Program Pembelajaran Mikro pada semester ganjil tahun akademik 2016-2017 sejumlah 64 orang mahasiswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode lembar observasi dalam bentuk angket. Dalam usaha menjawab hipotesis, maka dalam penelitian ini dilakukan dengan uji statstistik t. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung = 5.80 . Jika dibandingkan dengan ttabel= 1.645 pada taraf signifikansi 0,05% dengan dk = n – 1 = 64 -1 = 63, menunjukkan bahwa harga th > tt   atau 5.80 > 1,645. Hal ini berarti bahwa mahasiswa program studi pendidikan fisika mampu dalam mengikuti pengajaran mikro di FKIP Unsyiah tahun akademik 2016-2017.

Kata Kunci: keterampilan mengajar, pengajaran mikro.

  Abstract

This study aims to determine the ability of students of physics education in the academic year 2016-2017 who those follow micro teaching at FKIP Unsyiah. This study uses a quantitative approach due to quantitative data are used in parametric statistical analysis and interpretation of data that are presented in descriptive form. This type of research is the description of research (descriptive) in a percentage form. There are 64 Physics Education students who take the practice Program of Micro teaching in the first semester of the academic year 2016-2017 In this study. The data are collected by using observation sheet in the form of questionnaire items. In an attempt to answer the hypothesis, this study is conducted by applying t-test statistic. Based on the calculation of hypothesis testing, the score is thitung = 5.80. It is compared with the table = 1,645 at level of 0.05% with df = n - 1 = 64 -1 = 63, it shows that the score of th> tt or 5.80> 1.645. This means that the students of physics education program Unsyiah in academic year 2016-2017 are able to follow the micro teaching at FKIP.

Keywords: Ability, Teaching Skill, Micro Teaching


Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.