PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERINTEGRASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Hera Haslia, tarmizi Tarmizi, Elisa Elisa

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru mengelola pembelajaran serta respon siswa  pada materi dinamika partikel dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing berintegrasi kegiatan laboratorium di kelas X MIPA-4 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  sebanyak tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-4 SMA Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Instrument pengumpulan data meliputi lembar tes tertulis, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, pengamatan  kemampuan guru, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa penerapan  metode inkuiri terbimbing berintegrasi kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Kemudian respon siswa setelah diterapkan  metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium selama tiga siklus adalah positif. Berkenaan dengan hal ini, penerapan metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium terbukti dapat dijadikan salah satu metode  pembelajaran yang dapat meningkatakan hasil belajar siswa, sehingga diharapkan penggunaan metode inkuiri berintegrasi kegiatan laboratorium dapat dipertahankan oleh guru dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Metode Inkuiri Terbimbing, Kegiatan Laboratorium, Hasil Belajar        

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the learning outcome, the activities of teachers and students, teachers skills to manage learning and student responses on the material particle dynamics using guided inquiry method to integrate laboratory activities in class X MIPA-4 SMA Negeri 3 Banda Aceh. The approach used in this research is descriptive statistical approach, while this type of research is a class action for three cycles. Subjects in this study were students of class X MIPA-4 SMA Negeri 3 Banda Aceh totaling 28 students in the first semester of the academic year 2016/2017. Instrument data collection includes pieces written tests, observation sheet activities of teachers and students, observation ability of teachers and students response to the learning. The research data were analyzed using percentage test. The results of data analysis showed that the application of guided inquiry method to integrate laboratory activities can improve student learning outcomes, the activities of teachers and students, the skills of teachers in managing learning and student response after application method inquiry method to integrate laboratory activities for three cycles is positive. In this regard, the application method of inquiry to integrate laboratory activities are proven to be one of learning methods that can increase student learning outcomes, so expect the use of inquiry method to integrate laboratory activities can be maintained by the teacher in the learning process.

Keywords: Guided Inquiry Method, Activity Laboratory, Learning Outcomes

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.