EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA

Yessi Wulandari, Agus Wahyuni, Elisa Elisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya  metode pembelajaran Team quiz untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pesawat sederhana siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, yang diambil sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas eksperimen adalah 24 siswa dan kelas kontrol adalah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes (pretest dan posttest) yang berupa sejumlah soal pilihan ganda yang diberikan pada siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung > ttabel (6,17 >1,71), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran team quiz efektif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh.

 

Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Aktif Team Quiz

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the quiz team learning methods to improve learning outcomes on the subject of air modest student SMP Negeri 2 Banda Aceh. This type of method used in this study is an experimental method with quantitative approach. Population and sample of this research is all students in grade VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, which was taken as research sample that is class VIII-3 as the experimental class and class VIII-4 as the control class. The number of students is 24 students experimental class and control class is 26 students. Data collection techniques in this research is to use the test (pretest and posttest) in the form of a number of multiple choice questions given to students. The data in this study using normality test, homogeneity test and t-test. from the processing of the data obtained that thitung> ttabel (6.17> 1.71), so it can be concluded that student learning outcomes are taught using a team quiz effective learning methods to the learning outcomes physics eighth grade students of SMP Negeri 2 Banda aceh.

 

Keywords: Learning outcomes, active learning quiz team

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.