PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR

Putri Shinta, . Yusrizal, . Melvina

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yaitu pre-test dan post-test, data diolah menggunakan uji t yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data nilai pre-test sebelum di berikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata  = 41,45 dengan simpangan baku = 13,14 dan nilai post-test (tes akhir) yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga diperoleh diperoleh dengan simpangan baku s1 = 12,85. Hasil data uji-t dengan taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 64 dan peluang 0,95 diperoleh  = 1,67 sedangkan  = 9,53. Jadi  yaitu 9,53  1,67. Oleh karena itu,  berada dalam penerimaan , sehingga  ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh model kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa. Model ini dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru IPA di SMP.

 Kata Kunci: Kooperatif Tipe Examples Non Examples, Alat Peraga, Hasil Belajar.   

 

Abstract

This study aims to determine there is influence of cooperative learning model examples of non examples using props to student learning outcomes. This type of research used in this study is experimental. The approach used in this study is quantitative. Data collected through tests that the pre-test and post-test, the data is processed using t tests were first tested for normality and homogeneity test. Based on the data analysis of the value of pre-test before treatment is given values obtained with an average of 41.45 with a standard deviation = 13.14 and the value of post-test (final test) were taught using examples of cooperative model of non examples using props obtained obtained with a standard deviation s1 = 12.85. Yield data t-test with significance level = 0.05 dk = 64 degrees of freedom and opportunity 0.95 gained = 1.67 whereas t­ = 9.53.  So that is 9.531.67. Therefore, being in the reception, so it was rejected. Thus it can be stated that the influence of the type cooperative model examples of non examples using props to student learning outcomes.model of learning that can be applied by a science teacher at Junior High School.

 Keywords: Cooperative Type Examples Non Examples, Props, Learning Outcomes


Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.