Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh

MELI ANDANI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi di  kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama pembelajaran berlangsung, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya untuk menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebagai model pembelajaran agar suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) materi sistem ekskresi pada manusia di kelas VIII1 SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 pada bulan Maret.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari perempuan 15 orang dan laki-laki berjumlah 17 orang. Teknik Pengumpulan data adalah lembar tes, lembar observasi aktivitas siswa selama penelitian, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.

            Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa melalui pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) rata-rata nilai pretes 52,9375 postes 76,4375 peningkatan hasil pretes dan postes adalah 23,5 Hasil uji t diperoleh 14,6 > 2,039  (thitung > ttabel). Dari data aktivitas siswa diperoleh nilai 2,6 dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

 

Kata KunciTeam Assisted Individualization  (TAI), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar,  Sistem Ekskresi pada Manusia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.