Pengaruh Warna Lampu yang Berbeda Terhadap Perilaku Cyprinus Carpio

Melisa Melisa, Safrida ., Khairil .

Abstract


Cyprinus carpio merupakan ikan diurnal yang termasuk ordo Cypriniformes dari famili Cyprinidae. Cyprinus carpio termasuk ikan yang hidup di perairan tawar. Cyprinus carpio hidup pada salinitas dengan kisaran minimum 0,01‰ dan maksimum 1‰ pH 5,5-7,5. Hidup Cyprinus carpio sangat dipengaruhi oleh suhu. Cahaya merupakan bagian yang fundamental dalam menentukan tingkah laku ikan. Cahaya bertindak sebagai pengsinkronisasi dan regulasi ritme endogen harian pada ikan, dan juga mempengaruhi pertumbuhan ikan, pergerakan aktivitas, tingkat metabolisme, pigmentasi tubuh, pematangan seksual dan reproduksi. Cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan dan dapat menyebabkan ikan stres bahkan dapat menghilangkan stres pada ikan. Perilaku adalah aktivitas suatu organisme akibat adanya suatu stimulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna lampu yang berbeda terhadap perilaku bergerak dan perilaku makan Cyprinus carpio. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan RAL terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. Parameter penelitian adalah perilaku bergerak dan perilaku makan Cyprinus carpio. Data dianalis menggunakan ANAVA dan Uji Lanjut Beda Jarak Nyata Duncan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian warna lampu yang berbeda memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap perilaku bergerak dan makan  Cyprinus carpio. Jumlah perilaku bergerak dan makan Cyprinus carpio terbanyak terdapat pada perlakuan P4 dan P2 bila dibandingkan dengan perlakuan lain sedangkan perlakuan P0 memiliki perilaku bergerak dan makan paling sedikit. Simpulan penelitian ini adalah pemberian warna lampu yang berbeda berpengaruh nyata terhadap perilaku ikan yang meliputi perilaku bergerak dan perilaku makan. Pemberian P4 memberikan respon terbaik terhadap perilaku bergerak dan makan Cyprinus carpio.

 

Kata Kunci: lampu, perilaku bergerak, perilaku makan,  Cyprinus carpio


References


Agromedia, R. 2002. Koi Si Ikan Panjang Umur. Purwakarta: Agromedia Pustaka.

Carvalho, T. B., Francino, Z. M., Rosalina, S. C. F., Eliana, G. 2013. The Effect Of Increased Light Intensity On The Aggressive Behavior Of The Nile Tilapia, Oreochromis Niloticus (Teleostei: Cichlidae). Jurnal Zoologia. 30(2): 125-129.

Elsbaay, A. M. 2013. Effects Of Photoperiod And Different Artificial Light Colors On Nile Tilapia Growth Rate. Journal of Agriculture and Veterinary Science. 3(3): 5-12.

Firdaus, R. 2010. Pembenihan Ikan Koi Cyprinus Carpio Di Kelompok Tani Sumber Harapan, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Laporan Praktek Lapangan Akuakultur. IPB.

Nugroho, S. 2008. Analisis Finansial Uheru Fish Kecamatan Ciomas, Kamanajemen Bisnis Dan Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor Usaha Ikan Hias Air Tawar Farm Di Desa Kotabatu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Skripsi. IPB.

Rosyidah, I. N., Akhmad, F., Nugraha, W. A. 2011. Efektivitas Alat Tangkap Mini Purse Seine Menggunakan Sumber Cahaya Berbeda Terhadap Hasil Tangkap Ikan Kembung (Rastrelliger sp.). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 3(1): 41-45.

Sabri, D. M. Nagwa, E dan Francis. M. 2012. Effect of Environmental Color on the Behavioral and Physiological Response of Nile Tilapia, Oreochromis Niloticuss. Double Blind Peer Reviewed International Research Journal. 12(4).

Sulaiman, M., Mulyono, S. B., Am A. T., Sugeng, H. W., Roza, Y. 2015. Tingkah Laku Ikan Pada Perikanan Bagan Petepete Yang Menggunakan Lampu Led. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. 7(1): 205-223.

Susanto, A. dan Dodi, H. 2013. Tingkah Laku Ikan Nila Terhadap Warna Cahaya Lampu Yang Berbeda. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan. 2(1): 47-53.

Utami, E. 2009. Analisis Respons Tingkah Laku Ikan Pepetek (Secutor Insidiator) Terhadap Intensitas Cahaya Berwarna. Jurnal Sumberdaya Perairan. 3(2): 1-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.