Penerapan Media Prezi pada Materi Sistem Respirasi Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa di SMA Negeri Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues

Yuliani Fitri, Khairil ., Safrida .

Abstract


Abstrak

 

Dalam proses pembelajaran, adakalanya guru dan siswa mengalami suatu hambatan dan permasalahan. Hambatan bagi siswa misalnya, siswa kesulitan dalam menangkap penjelasan dari guru tentang konsep atau materi yang bersifat sukar dengan metode mengajar konvensional, sehingga berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa. Prezi adalah perangkat lunak (Software) untuk presentasi sebagai alat ukur untuk mengeksplorasi berbagai ide diatas kanvas virtual, Software ini memiliki fitur unggul yaitu menggunakan Zooming User Interface, yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media persentasi. Kelebihan dari software Prezi ini juga dapat mengintegrasikan obyek berupa teks, gambar, vidio serta media persentasi lainnya yang ditempatkan dalam sebuah media persentasi, sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami isi materi presentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media prezi terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem respirasi di SMA Negeri Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan desain pretest-postest. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil tes dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah diterapkan yaitu ≥ 80 dengan persentase ketuntasan 85%. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rumus Uji-t untuk melihat peningkatan hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal untuk melihat persentase ketuntasan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas mengalami peningkatan hasil belajar dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen 95% sedangkan pada kelas kontrol 25%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui media prezi yang diterapkan pada materi sistem respirasi dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues.

Kata Kunci : Media Prezi, Sistem Pernapasan, Ketuntasan Belajar

References


Abdurrahman, M. 2005. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Angkowo, R dan Koasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grasindo.

Anni, C. 2004. Psikologi Belajar. Surabaya: Lentera Cendikia.

Arifin, Z. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia

Arikunto, S. 2006. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bresnick, M.D., Stephen. 2003. Intisari Biologi. Jakarta: Hipokrates.

Campbell, N., A., Jane, B., Lisa, A., Michael, L., Steven, A., Peter, V., dan Robert, B. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ethel, S. 2003. Anatomi dan Fisiologi Untuk Pemula. Jakarta: EGC.

Firdausa, A.,R., dan Sugiyono. 2015. Inovasi Pemanfaatan Media Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Boga 1 pada Mapel Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja di SMKN 4 Surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan. 3(1): 115-125.

Ferdinand, F dan Ariewibowo, M. 2007. Praktis Belajar Biologi. Jakarta: PT. Grafindo Media Persada.

Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnaeni, W. 2006. Fisiologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius.

Johar, R. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Lissiati, Eka N. 2011. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Audio Visual pada Materi Mekanisme Transpor Melalui Membran Sel dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa kelas XI di SMA Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi. Tanpa Penerbit.

Muttaqin, A. 2006. Buku Ajar Asyhan Keperawatan Klien dengan gangguan Sistem Pernapasan. Jakarta: Salemba Medika.

Nasrun. 2001. Media Metode dan Pengetahuan Kelas Teerhadap Keberhasilan Praktek Lapangan Kependidikan. Padang: Universitas Negri Padang.

Nasution. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurmaliah, C., Suryani, dan Khairil. 2015. Penggunaan Media Prezi pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 Lhoksukon. Jurnal EduBio Tropika, 3(1): 1-5.

Pearce, C. E. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sadiman, S., A. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Scanlon, C., V. Dan Sanders, T. 2006. Buku Ajar Anatomi dan Fisiologi edisi 3. Jakarta: EGC.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 1993. Metode statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2005. Penelitian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Soemantri, I. 2007. Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Sistem Pernapasan. Jakarta: Salemba Medika.

Suryo, J. 2010. Herbal Penyembuh Gangguan Sistem Pernapasan. Yogyakarta: Mizan Media Utama.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Taufiqurrahman, M., Untari, S., dan Yuniastuti. 2012. Pengembangan Media CD Pembelajaran Berbasis Prezi pada Pokok Bahasan Globalisasi Mata Pelajaran PKN Kelas IX MTSN Bangsal, Mojokeerto. Jurnal Pendidikan. 1(1):1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.