RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AR-RAHMAH KOTA BANDA ACEH

Intan OPH Darwin, Mohd. Harun, Armia Armia

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa guru dalam interaksi kelas di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Arrahmah Kota Banda Aceh. Ragam masalah tentang (1) ragam bahasa apa yang dominan digunakan oleh guru TKIT (2) kalimat perintah yang digunakan guru dalam interaksi kelas di TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh, (3) kalimat interogatif yang digunakan guru dalam interaksi kelas di TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh, dan (4) kalimat ekslamatif yang digunakan guru dalam interaksi kelas di TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh, Jumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik simak dilanjutkan dengan teknik catat dan teknik rekam. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) seleksi data, (2) klasifikasi data, dan (3) analisis data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, dalam interaksi kelas di Taman Kanak-kanak guru lebih dominan menggunakan ragam bahasa usaha atau ragam konsultatif pada saat proses belajar-mengajar berlangsung, Kedua, guru menggunakan beberapa jenis kalimat dalam interaksi kelas, yaitu kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan kalimat ekslamatif. Ketiga, kalimat yang digunakan guru dalam interaksi kelas lebih dominan kalimat perintah kalimat tanya, dan kalimat ekslamatif juga digunakan, Keempat, dalam interaksi kelas guru sering menggunakan bahasa Indonesia tidak baku. Kelima, pada saat proses belajar-megajar di kelas guru menggunakan metode bernyanyi agar anak-anak tidak bosan dan mudah menyerap materi pelajaran.

Kata kunci:  Ragam Bahasa Guru dalam Interaksi Kelas

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe the variety of language teachers in class interaction in the Artificial Islamic School Arrahmah City Banda Aceh. (1) what language variants are dominantly used by TKIT teachers (2) command phrases used by teachers in classroom interactions in TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh, (3) interrogative sentences used by teachers in classroom interactions at TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh , and (4) the ekslamatif sentences used by teachers in classroom interaction at TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh. The approach used in this research is qualitative approach. The type of research is descriptive qualitative. Data source in this research is teacher of TKIT Arrahmah Kota Banda Aceh, Number of three people. Technique of data collecting technique is continued by technique of record and recording technique. Data analysis technique is done through three stages, namely (1) data selection, (2) data classification, and (3) data analysis. The results of the study are as follows. First, in the classroom interaction in kindergarten teachers are more dominant using the variety of business language or consultative variety during the teaching-learning process, Second, teachers use several sentences in class interactions, imperative sentences, interrogative sentences, and ekslamatif sentences. Third, the sentence used by the teacher in the class interaction is more dominant the sentence of the sentence command sentence, and the ekslamatif sentence is also used, Fourth, in the classroom interaction teachers often use the Indonesian language is not standard. Fifth, during the learning process-taught in the classroom teachers using the method of singing so that children do not get bored and easily absorb the subject matter.

Keywords: Teacher language variety in class interaction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.