ANALISIS KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH

Septia Nita Zulmaliza, Rostina Taib, Armia Armia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Analisis Keefektifan Kalimat dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah”.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kelengkapan atau kesepadanan kalimat yang terdapat dalam skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah(2) Bagaimanakah keparalelan kalimat dalam skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah (3) Bagaimanakah kehematan kalimat dalam skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah (4) Bagaimanakah kelogisan kalimat dalam skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini analisis deskriptif kualitatif yang menggunakan langkah-langkah berikut (1) mengumpulkan sampel kesalahan (2) mengidentifikasi sampel kesalahan (3) mengklasifikasikan kesalahan (4) menjelaskan kesalahan (5) mengevaluasi kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika masih terdapat kalimat tidak efektif. Kesalahan tersebut meliputi aspek (1) kelengkapan atau kesepadanan, (2) kesejajaran, (3) kehematan, dan (4) kelogisan.

Kata kunci: Kalimat efektif, kelengkapan unsur atau kesepadanan, keparalelan, kehematan, dan kelogisan.

ABSTRACT

 

This research entitled "Effectiveness Analysis of Sentences in Student Thesis of Mathematics Education Program of FKIP Unsyiah". The formulation of the problem in this research is (1) How is the completeness or equivalence of the sentence contained in the thesis of the students of Mathematics Education Study Program FKIP Unsyiah (2) How is the parallelism in the thesis of the students of the Mathematics Education Study Program FKIP Unsyiah (3) How to save sentences in the students' Study of Mathematics Education FKIP Unsyiah (4) How is the sentence kelogisan in thesis of Mathematics Education students. Data collection techniques used in this study is documentation. The data analysis technique of this study qualitative descriptive analysis using the following steps (1) collecting error samples (2) identifying error samples (3) classifying error (4) explaining error (5) evaluating error. The results of this study indicate that the thesis of Mathematics Education program students still have an ineffective sentence. The error includes aspects (1) completeness or equivalence (2) alignment (3) austerity (4) logic. Keywords: Effective Sentences, Completeness of Elements or Comparability, Parallelism, Savings, and logic.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.