ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NARIT MAJA ACEH

Misna Wardani, Mukhlis Mukhlis, Azwardi Azwardi

Abstract


ABSTRAK   

 

Penelitian ini berjudul, “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Narit Maja Aceh”. Sesuai dengan masalah yang ditentukan, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan nilai pendidikan karakter yang dominan digunakan dalam Narit Maja Aceh. Sumber data penelitian ini adalah buku Narit Maja Aceh karya Zaini Ali, dkk. yang diterbitkan oleh CV Boebon Jaya Banda Aceh tahun 2010 yang terdiri atas 81 halaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah telaah dokumen atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Narit Maja Aceh berjumlah lima belas dari delapan belas nilai karakter. Nilai karakter tersebut adalah nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Namun, nilai pendidikan karakter yang dominan digunakan adalah nilai karakter religius.

Kata kunci: Analisis, nilai pendidikan karakter, narit maja

 

ABSTRACT

 

This study entitled , "Character Education Value Analysis in Narit Maja Aceh". In accordance with the specified problem, the purpose of this study to describe the values of character education contained in Aceh's narrators. The source of this research data is the book of Narit Maja Aceh by Zaini Ali, et al. Published by CV. Boebon Jaya Banda Aceh in 2010 consisting of eighty one pages. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The research technique used is document review or literature study. The value of character education contained in the Acehnese narrator amounted to fifteen of the eighteen character values. The value of the character is religious, honest, tolerant, disciplined, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, love of the homeland, respect for achievement, friendship or communicative, peace loving, social caring, and responsibility. However, the dominant character education value used is religious character.

Keywords: Analysis, character education value, narit maja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.