PENGGUNAAN METODE WHEEL OF FORTUNE DALAM MENYIMPULKAN MAKNA PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 3 INGIN JAYA

Raudhatul Fitri, Armia armia, Muhammad Iqbal

Abstract


ABSTRAK

 

Judul penelitian ini “Penggunaan Metode Wheel of Fortune dalam Menyimpulkan Makna Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode Wheel of Fortune dalam menyimpulkan makna puisi oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Wheel of Fortune dalam menyimpulkan makna puisi oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya? (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Wheel of Fortune dalam menyimpulkan makna puisi oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode Wheel of Fortune dalam menyimpulkan makna puisi oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Wheel of Fortune dalam menyimpulkan makna puisi oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya, (3) hasil belajar siswa  dengan menggunakan metode Wheel of Fortune dalam menyimpulkan makna teks puisi oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian didapat bahwa (1) analisis RPP yang disusun guru bidang studi bahasa Indonesia sudah amat baik, (2) kegiatan pembelajaran juga diterapkan dengan amat baik. (3) Perolehan nilai di kelas VIII.1 adalah 20 orang siswa mendapatkan nilai 100, sedangkan 10 orang siswa mendapatkan nilai 0. (3) Perolehan nilai di kelas VIII.1 adalah 20 orang siswa mendapatkan nilai 100, sedangkan 10 orang siswa mendapatkan nilai 0. Berikutnya, perolehan nilai di kelas VIII.2 adalah 18 orang siswa mendapatkan nilai 100, sedangkan 12 orang siswa mendapatkan nilai 0. Secara keseluruhan penilaian siswa sudah baik yaitu 60-66,66% siswa mendapatkan nilai 100. Hal ini menunjukkan metode Wheel of Fortune mampu memperbaiki kualitas pembelajaran siswa di kelas.

Kata kunci: Wheel of Fortune, pembelajaran, hasil belajar.

 

ABSTRACT

 

The title of this research “The use of Wheel of Fortune Method in Concluded the Meaning of Poetry by Student of Class VIII SMPN 3 Ingin Jaya". The formulation problem of this research is (1) how the Plan of implementation of the lessons using the Wheel of Fortune method in concluded the meaning of poetry by the students of class VIII SMPN 3 Ingin Jaya? (2) How the implementation of learning using the Wheel of Fortune method in concluded the meaning of poetry by the students of class VIII SMPN 3 Ingin Jaya? (3) How learning outcomes by using the Wheel of Fortune method in concluded the meaning of poetry by the students of class VIII SMPN 3 Ingin Jaya? The purpose of this research describes (1) Learning implementation Plan using Wheel of Fortune method in concluded the meaning of poetry by the students of class VIII SMPN 3 Ingin Jaya, (2) Implementation of learning using the Wheel of Fortune method in concluded the meaning of poetry by the students of class VIII SMPN 3 Ingin Jaya, (3) the results of student learning using the Wheel of Fortune method in concluded the meaning of the poetry by the students of class VIII SMPN 3 Ingin Jaya. Research data obtained through the observation of the Plan of implementation of the lessons, the implementation process of learning, and the results of student learning. The research results obtained that (1) the analysis of the Plan of implementation of the lessons organized Indonesia language teacher is very good, (2) learning activities also applied with very good. (3) Obtaining grades in class VIII.1 is 20 students get a value of 100, while 10 students get a value of 0. Next, the acquisition value in class VIII.2 is 18 students get a value of 100, while 12 students get a value of 0. Overall the student's assessment is good that is 60-66,66% student get 100 value. This shows method of Wheel of Fortune able to improve quality of student learning in class.Key Words: Wheel of Fortune, learning, learning results

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.