PELAKSANAAN PENGAARAN REMEDIAL OLEH GURU BIDANG STUDI PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Putri Balqis, Dahliana Abd., M. Husen

Abstract


Remedial teaching is an activity carried out to improve learning activities that are less than optimal. Effective remedial teaching will help overcome student learning difficulties. The purpose of this study was to find out how the implementation of remedial teaching carried out by school subject teachers in overcoming student learning difficulties. The research method used is descriptive qualitative approach. The object of this study is the Implementation of Remedial Teaching by Teachers in the Field of Study at Banda Aceh City State High Schools, namely at SMA Negeri 03, SMA Negeri 07 and SMA Negeri 13. The subjects of this study were subject matter teachers, BK teachers, homeroom teachers and vice-principals in the curriculum section. . Data collection uses interview and documentation techniques. Data processing and analysis techniques are carried out by means of quantitative descriptive analysis. The results of the study show that: (1) the step in implementing the diagnosis of learning difficulties by the field of study teacher has not only used the case identification step, determined alternative choices of action, carried out remedial and evaluation activities. There is no step in looking for the causative factors and BK services provided. The teacher claims that he does not have the correct guidelines for the diagnosis of learning difficulties. (2) Remedial teaching steps taken by teachers in the field of study have not been able to help students in dealing with learning difficulties, can only change student grades, but cannot find the cause of student learning difficulties. (3) The cooperation carried out in the implementation of remedial teaching has not been well established, the teacher of the field of study only works alone, but if the students' problems are psychological, then the BK teacher will overcome them.

Keywords: Implementation of Remedial Teaching, Subject Teacher.

Abstrak: Pengajaran remedial merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang kurang optimal. Pengajaran remedial yang efektif akan membantu mengatasi kesulitan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran remedial yang dilaksanakan oleh guru bidang studi disekolah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Pengajaran Remedial Oleh Guru Bidang Studi Pada SMA Negeri Kota Banda Aceh yaitu pada SMA Negeri 03, SMA Negeri 07 dan SMA Negeri 13. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi, guru BK, wali kelas dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kalitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) langkah pelaksanaan diagnosis kesulitan belajar yang dilakukan oleh guru bidang studi belum hanya menggunakan langkah identifikasi kasus, menentukan alternatif pilihan tindakan, melaksanakan kegiatan remedial dan evaluasi. Tidak ada langkah mencari faktor penyebab dan layanan BK yang diberikan.  Guru mengaku tidak memiliki pedoman prosedur diagnosis kesulitan belajar yang benar. (2) Langkah pengajaran remedial yang ditempuh oleh guru bidang studi belum dapat membantu siswa dalam menghadapi kesulitan belajar, hanya dapat mengubah nilai siswa, namun tidak dapat menemukan penyebab kesulitan belajar siswa. (3) Kerja sama yang dilakukan dalam pelaksanaan pengajaran remedial belum terjalin dengan baik, guru bidang studi hanya bekerja sendiri namun jika permasalahan siswa berkaitan dengan psikologis barulah guru BK yang mengatasinya. 

Kata Kunci: Pelaksanaan Pengajaran Remedial, Guru Bidang Studi.

Full Text:

PDF

References


Amin, M. A. H. (2015). Upaya Guru Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di MIN Paju Ponorogo Tahun Pelajaran 2014-2015 (Doctoral dissertation, STAN Ponorogo).

Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Deepublish.

Departemen Pendidikan Nasional (2008). Pembelajaran Remedial. Direktorat Pembina Sekolah Menengah Atas. Jakarta

Dianty, N.F. (2018). Implementasi program remedial dalam pembelajaran PAI Siswa Kelas X SMKN 2 Blitar.

Firmansyah, M.A. (2017). Analisi Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statiska. PPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Hasibuan, A. I., Mustapid, M., & Wijaya, C. (2019). Peran kepemimpinan kepada madrasah dalam meningkatkan mutu peniddikan di MTs. Swasta miftahul falah sunggal kabupaten deli serdang. Anthropos : Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal Of Social And Cultural Anthropology), 4(2), 201-210.

Idris, R. (2017). Mengatasi kesulitan belajar dengan pendekatan psikologi kognitif. Lentera pendidikan: jurnal ilmu tarbiyah dan keguruan, 12(2), 152-172.

Ibrahim, N.(2019). Pengembangan modul cetak pembelajaran remedial untuk peningkatan ketuntasan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Kelas VII. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 75-96.

Joko P. 2013. Eavluasi dan remedial belajar. Jakarta: CV Trans Info Media.

Parwanti, S., & Sleman, G. S. B. K. (2017). Pemanfaatan pembelajaran remedial sebagai pendampingan anak berkesulitan belajar membaca kelas iii di sekolah inklusi. Adi Karsa, 12(12), 85.

Rohana, I.(2018). Strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung.

Rahmawati, Z. (2018). Implementasi metode tanya jawab pada remedial teaching mata pelajaran Al-Quran Hadits Di MTsN 2 Kota Blitar.

Sururiyah, L. (2018). Efektifitas penerapan remedial teaching terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. EduTech: jurnal ilmu pendidikan dan ilmu sosial, 4(1).

Sigala, L.I.S.A. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang pernah mengikuti remedial kimia di SMA ITCI Penjam Paser Utara (khusus siswa-siswi ilmu pengetahuan alam). Psikoborneo, 4(3), 462-469.

Syahrina, D., & Nurmasyitah, N. (2016). Pelaksanaan program remedial SD Negeri Cot Baroh Kecamatan Glumpng Tiga Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan bahan ajar ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. In prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (vol. 6, No.6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.