Analisis faktor-faktor penyebab ketidakhadiran siswa di sekolah dan upaya guru BK dalam mengatasinya (Suatu penelitian pada MAN 4 Kabupaten Aceh Besar)

Roni Fitriadi, Nurhasanah Nurhasanah, Martunis Yahya

Abstract


Persentase ketidakhadiran siswa pada MAN 4 Kabupaten Aceh Besar hampir setiap bulan meningkat, meskipun berbagai kegiatan telah dilakukan oleh guru BK dalam upaya mengatasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran ketidakhadiran siswa di sekolah, faktor-faktor yang menyebabkan ketidakhadiran siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, serta upaya guru BK dalam mengatasi penyebab ketidakhadiran siswa di sekolah. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed methods yaitu menggabungkan dua pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian pada MAN 4 Aceh Besar dengan jumlah sampel 40 siswa dan 2 guru BK. Teknik pengumpulan data dengan angket,  wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan analisis kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran ketidakhadiran siswa di sekolah MAN 4 Kabupaten Aceh Besar berada pada kategori rendah sebanyak 6 siswa dengan persentase 15%, kategori sedang sebanyak 28 siswa dengan persentase 70%, serta kategori tinggi sebanyak 6 siswa dengan persentase 15%. di samping itu dari analisis angket yang telah di bagikan kepada siswa faktor-faktor penyebab ketidakhadiran siswa di sekolah diantara lain adalah berasal dari faktor lingkungan keluarga 45% jarang mengawasi anak untuk datang ke sekolah, dan faktor dari dalam diri siswa 40% malas datang ke sekolah, dan hampir sebagian 42,5% membantu pekerjaan di rumah seperti berjualan, dan membantu mengelola pertanian di sawah. hasil wawancara dengan siswa terdapat tidak mengerjakan PR, susah bangun pagi. Upaya yang telah dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi ketidakhadiran siswa di sekolah adalah dengan cara memanggil siswa yang bersangkutan, melakukan konseling individual, dan langsung mengadakan home visit ke rumah siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya kerja sama antara orang tua siswa dan guru di sekolah.

Kata Kunci : Ketidakhadiran, Faktor-Faktor, dan Upaya Guru BK


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2005). Pengelolaan kelas siswa (sebuah pendekatan evaluative). Jakarta: CV. Rajawali.

Hidayat, F. (2018). TA: Rancang Bangun Aplikasi Presensi dan Pengelolaan Nilai Berbasis Website pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Hikmawati, F. (2011). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Khalsa, S.N.S. (2008). Pengajaran disiplin dan harga diri. Jakarta: PT. Indeks.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, A. (2015). Aplikasi pemberitahuan ketidakhadiran siswa pada SMP Negeri 43 Palembang (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta. Rineka Cipta

Puspitarini, M., Sunarto, D., & Wulandari, S. H. E. (2017). Analisis dan Desain Sistem Informasi Akademik Pada SMP Al-Falah Assalam Tropodo 2 Sidoarjo. Jurnal JSIKA, 5(6).

Sari, W. I. (2017). Penerapan Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling Langsung dalam Meningkatkan Frekuensi Kehadiran Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 46-54.

Setiawan, D. E., & Mais, A. (2017). Pengaruh tingkat kehadiran siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa kelas IV tuna grahita ringan dalam kelas regular SD inklusi di Kabupaten Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 1(1), 28-33.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (cetakan ke-23). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D.K. (1985). Pengantar Teori Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suryasubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tamtomo, A. M. (2017). LKP: Rancang Bangun Aplikasi Presensi Online Pada SMA Negeri 14 Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Wijaya, J. (1988). Psikologi bimbingan. Eresco.

Willis, S. (2014). Konseling Individual Konseling dan Praktek. Bandung:Alfabeta.

Winkel, W.S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.