Analisis dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra

Yuni Astuti, Martunis Yahya, Dahliana Abd.

Abstract


Abstract: Blind teenagers are able to adjust themselves well to home, school and community environment, and seen from the achievement of blind teenagers, which blind teenagers are able to compete in education like teenagers in general. The subject of this research is blind parents parenting. While the object of this study is parental support to adolescent self-adjustment of visual impairment. This study aims to find out the description of parental support to adolescent adjustment of visual impairment in high school Blind LB Banda Aceh. Specifically, this study describes the parental support of adolescent self-adjustment with visual impairment. The method used in this research is descriptive qualitative. This research data comes from observation of blind teenagers and through direct interviews with blind teen parents. The results showed that parents can provide good support so that blind teenagers are able to adjust, then viewed from the social side of parental support to blind teenagers there are two family characters, the first family who dare not release their children to interact, the second more freedom to children to interact with the environment so that children have friends and feel like other normal children. Therefore, parents as the first and principal educator for children in the family should be expected to always support and pay attention to the child both in terms of physical and spiritual, so that the lack of possessed can develop the talent and potential that exist in him.

Keyword: Parental Support, Self-Adjusment, Visually Impaired, Adolescent.

 

Abstrak: Remaja tunanetra mampu menyusuaikan diri dengan baik dilingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat, dan dilihat dari prestasi remaja tunanetra, yang mana remaja tunanetra mampu bersaing dalam dunia pendidikan layaknya seperti remaja pada umumnya. Subjek penelitian ini adalah orangtua remaja tunanetra Sedangkan objek penelitian ini adalah dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra di SMA LB kota Banda Aceh. Secara khusus, penelitian ini mendeskripsikan tentang dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari observasi terhadap remaja tunanetra dan melalui wawancara langsung dengan orangtua remaja tunanetra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua dapat memberikan dukungan yang baik sehingga remaja tunanetra mampu menyesuaikan diri, kemudian ditinjau dari segi sosial dukungan orangtua terhadap remaja tunanetra terdapat dua karakter keluarga, yang pertama keluarga yang tidak berani melepas anaknya untuk berinteraksi, yang kedua lebih memberikan kebebasan terhadap anak untuk melakukan interaksi dengan lingkungannya supaya anak memiliki teman dan merasa seperti anak normal lainnya. Oleh karena itu orangtua  selaku pendidik pertama dan utama bagi anak dalam keluarga diharapkan hendaknya selalu berusaha mendukung dan memperhatikan anak baik dalam segi jasmani maupun rohani, sehingga dengan kekurangan yang dimiliki bisa mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada diri nya.

Kata kunci : Dukungan Orang Tua, Penyesuaian Diri, Remaja, Tunanetra.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Askara.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Anissa, N. (2012). Hubungan Antara Konsep Diri dan kematangan Emosi denga Penyesuaian Diri Istri Yang Tinggal Bersama Keluarga Suami. Vol.1 No. 1

Effendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Askara

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif ANALISIS DATA. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayat dan Suwandi, (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Indah.

Kuntjoro, Z. S. (2002). Dukungan Sosial Pada Lansia. Diakes pada tanggal 19 April 2018, Http://www.e-psikologi.kom/usia/160802.htm.

Moleong, J. L. (2009). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurfuad, A. (2013). Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Viii B Smp N 2 Juwana Tahun 2012/ 2013. Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang.

Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology: Bio Psychosocial Interactions. Fifth Edition.USA: John Wiley & Sons

Serambinews.com, Sabtu 21/10/2017.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabate

Wijaya, N. (2007). Hubungan Antara Keyakinan Diri Akademik Dengan Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama Sekolah Asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.