Analisis kesulitan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Saleha Saleha, M. Husen, Abu Bakar

Abstract


Abstract: This research is entitled "Analysis of Difficulties of Guidance and Counseling Internship Students in Implementing the Internship Program ". The purpose of this study was to determine the difficulties of guidance and counseling students in carrying out the practice of field experiencein internship program. The research method is a descriptive method with a qualitative approach. The research subjects were internship students from the Counseling Guidance Department who implemented the 2015/2016 internship program. The research data was obtained from students through the interview. Data analysis techniques are carried out by data reduction, data presentation and data verification. The results of this study indicate that, some students have difficulty in making syllabus, compiling annual, semester, and daily programs, some students are able to develop material, only using media and learning resources that are suitable to be applied to students, in preparing student lesson plans difficulties as well as in the implementation of learning activities and assessment of learning outcomes or evaluating student learning outcomes, feeling inadequate in setting materials and learning objectives as well as in selecting and organizing materials, media, and student learning resources, difficulties in managing routine tasks, learning facilities, and time, classroom management, as well as the use of learning strategies and in using language and behavior, as well as being less able to foster positive attitudes of studentsKeywords: Student difficulties, internship program 

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Analisis Kesulitan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan mahasiswa bimbingan dan koseling dalam melaksanakan praktik pengalaman lapangan. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Mahasiswa PPL Jurusan Bimbingan Konseling yang melaksankan PPL tahun 2015/2016. Data penelitian ini diperoleh dari mahasiswa melalui wawacara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sebagian mahasiswa kesulitan dalam membuat silabus, menyusun program tahunan, semesteran, dan harian, beberapa dari mahasiswa mampu dalam mengembangkan materi, hanya saja kurang menggunakan media dan sumber belajar yang cocok untuk diterapkan kepada siswa, dalam penyusunan RPP mahasiswa merasa kesulitan begitu juga dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar atau mengevaluasikan hasil belajar siswa, merasa kurang mampu dalam menetapkan bahan dan tujuan pembelajaran begitu juga dalam memilih dan mengorganisasi materi, media, dan sumber belajar siswa, kesulitan dalam pengelolaan tugas rutin, fasilitas belajar, dan waktu, pengeloaan kelas, begitu juga dalam penggunaan strategi pembelajaran dan dalam menggunakan bahasa dan perilaku, serta kurang mampu dalam menumbuhkan sikap positif pada siswa.

Kata kunci: Kesulitan mahasiswa BK-Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

 


Full Text:

PDF

References


Amirin. (2009). Objek, Subjek, Dan Populasi Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawi, M. R. (2010). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Hubs-Asia, 10(1).

Barokah, S. N. (2009). Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Strategi Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada KUKM Pengrajin Kulit di Manding-Bantul (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Darmadi, H. (2012). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. (2007). Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta

Depdiknas. (1997). Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Depdikbud.

Hapsari, P., & Widhianningrum, P. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru. Journal of Accounting and Business Education, 2(1).

Hashona, A. H. (2016). Kajian pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan IAIN Walisongo Semarang. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 333-352.

Moleong. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Rineka Cita. Jakarta

PPL FKIP UNSYIAH. (TT) Pedoman Program Pengalaman Lapangan FKIP Unsyiah. Banda Aceh

SK Menpan No. 84/1993 tentang Tugas Pokok Konselor.

Sudjana, N. (1989). Dasar-dasar proses belajar mengajar.Bandung: Sinar Baru.

Sumiarsi, N. (2015). Analisis kompetensi pedagogik dan pengembangan pembelajaran guru SD negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4586).

Yunus, H.Z. dkk. (2006). Profesi Pendidikan. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala FKIP.

Zamroni, Ismoyo, W., & Rowi, M. (2000). Paradigma pendidikan masadepan. Bigraf Pub.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.