Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya

Poppy Agustina, Syaiful Bahri, Abu Bakar

Abstract


Abstract: Saturation of learning can hit a student who loses motivation in learning, if left prolonged can lead to stress on students. This study aims to determine the factors that influence learning saturation experienced by students, to determine the efforts of guidance and counseling teachers in overcoming the tendency of learning saturation in students, and to find out the obstacles faced. The research used a qualitative approach with a descriptive type. The subjects in this study were 33 students and 3 GC teachers. The data collected using observations, interviews, and documentation. Data processing is narrative. Based on the results of the study, it was found that the factors that influence learning saturation experienced by students are caused by lack of resting time which makes it difficult for students to focus on learning, lack of rest due to the number of assignments given by the teacher, and the use of methods that are not varied such as the use of lecture methods, taking notes, summarizing, and without being interspersed with other methods. The BK teacher's business overcomes the tendency of student learning to saturate by providing special motivation and attention to students and providing counseling services with role playing techniques, assignments and assertive techniques, and working together between parents, homeroom teachers, and subject teachers. Constraints faced by BK teachers in overcoming the tendency of learning saturation in students in terms of communication. 

Keywords: Saturation of learning, Superior High School students, GC teacher effort, GC teacher constraints

 

Abstrak: Kejenuhan belajar dapat melanda seorang siswa yang kehilangan motivasi dalam belajar, apabila hal ini dibiarkan berkepanjangan dapat mengakibatkan stres pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar yang dialami peserta didik, untuk mengetahui usaha guru BK mengatasi kecenderungan kejenuhan belajar pada siswa, dan kendala yang dihadapi dalam mengatasinya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa dan guru BK yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data bersifat naratif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar yang dialami pada siswa disebabkan oleh kurangnya waktu beristirahat yang menyebabkan siswa sulit fokus pada saat belajar, kurangnya waktu istirahat disebabkan oleh banyaknya tugas yang diberikan oleh guru, dan penggunaan metode yang tidak bervariasi seperti penggunaan metode ceramah, mencatat, merangkum, dan tanpa diselingi dengan metode yang lain. Usaha guru BK mengatasi kecenderungan kejenuhan belajar pada siswa dengan memberikan motivasi dan perhatian khusus kepada siswa serta memberikan layanan konseling dengan teknik bermain peran, penugasan dan teknik assertif, dan bekerja sama antara orang tua siswa, wali kelas, dan guru mata pelajaran. Kendala yang dihadapi oleh guru BK dalam mengatasi kecenderungan kejenuhan belajar pada siswa dalam hal berkomunikasi.

Kata kunci :Kejenuhan belajar, siswa  SMA Unggul, usaha guru BK, Kendala guru BK


Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2009). Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa (Studi Pengembangan Model Konseling pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2008/2009). Disertasi pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kartadinata, S. (2010). Isu-isu Pendidikan; Antara Harapan dan Kenyataan. Bandung: UPI Press

Moleong. L.J (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Nabillah, R. (2013). Profil Stres Akademik Peserta Didik Berdasarkan Status SosialEkonomi dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi Jurusan PPBFIP UPI. Bandung: FIP UPI.

Nurmalasari, Y. (2011). Efektifitas Restrukturisasi Kognitif dalam Menangani Stres Akademik Siswa. Skripsi Jurusan PPBFIP UPI. Bandung: FIP UPI.

Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Slivar, B. (2001).The Syndrome of burnout, Self Image, and Anxiety With Grammar School Students. Horizons of Psychology 10(2), 21- 32

Sugara, G.S. (2011).Efektivitas Teknik Self Instruction dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa. Skripsi Jurusan PPBFIP UPI. Bandung: FIP UPI.

Walgito, B. (2004). Psikologi Sosial suatu Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Psikologi UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.