Analisis faktor penyebab perilaku agresif pada siswa

Zulaiha Zulaiha, M. Husen, Abu Bakar

Abstract


Abstract: This study entitled "Analysis of Factors Contributing to High School Students Aggressive Behavior In Bustanul Ulum Integrated District of Bener Meriah district gem" This study aims to determine the type and the causes of the aggressive behavior of high school students. This study uses descriptive qualitative approach with case study design. Subjects of this study 8 students, school personnel 4 apparatus comprising BK teachers, subject teachers, principals and supervisors hostel. While the object of this experiment are factors that cause aggressive behavior in high school students Integrated Bustanul Ulum. Data is collected using an interview. Based on the results of the study showed that the aggressive behaviors that occur among students can be seen that the types of aggressive behavior that occurs at high school students Integrated Bustanul Ulum is physical aggression carried out by hitting, kicking, fighting, then verbal aggression such as snap, insults cursing, defiant , feeling irritable and annoyed that anger, threats or hostility. Factors that cause aggressive behavior is a family including the parents and family members to violence or reveal violence before children, peers both at school and outside the school who showed aggressive behavior, the media often show scenes of violence and a feeling of inner such as frustration, interpretation, and feelings of anger. Efforts are schools doing to address the aggressive behavior is, provide counseling and instill good values to students.

Keywords: Cause Factors, Aggressive Behavior, High School Students   

 

Abstrak: Penelitian  ini  berjudul  “Analisis  Faktor-Faktor  Penyebab  Perilaku  Agresif  Pada Siswa SMA Terpadu  Bustanul Ulum Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis dan faktor penyebab perilaku agresif siswa SMA. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan  studi  kasus.  Subjek penelitian  ini  8  orang siswa,  4  aparatur personil sekolah yang terdiri dari guru BK, guru bidang studi, kepsek dan pembina asrama. Sedangkan objek penelitin ini adalah faktor-faktor penyebab perilaku agresif pada siswa SMA Terpadu Bustanul Ulum. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif yang terjadi  dikalangan  siswa  dapat  diketahui  bahwa  jenis-jenis  perilaku agresif  yang terjadi pada siswa SMA Terpadu Bustanul Ulum adalah agresi fisik yang dilakukan dengan cara memukul, menendang, berkelahi, Selanjutnya agresi verbal seperti membentak,  menghina  memaki,  membangkang,  perasaan  yang  cepat  marah  dan kesal yaitu kemarahan, Ancaman atau permusuhan. Faktor penyebab perilaku agresif adalah keluarga yang termasuk didalamnya orang tua dan anggota keluarga yang suka melakukan kekerasan atau menampakan kekerasan dihadapan anak, teman sebaya  baik  disekolah  maupun  diluar  sekolah  yang  suka  menunjukan  perilaku agresif, media yang sering memperlihatkan adegan kekerasan, serta perasaan dari dalam diri yang seperti frustasi, interpertasi, dan perasaan marah. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi perilaku agresif ialah, memberikan konseling dan menanamkan nilai-nilai yang baik kepada siswa.

Kata kunci: Faktor Penyebab, Perilaku Agresif, Siswa SMA


Full Text:

PDF

References


Agus, R. H. (2011). Perilaku kasar dan melawan (Agresif). (https:// Agusria wordpress.com//2011//03/07/perilaku-kasar-dan melawan-agresif/). Diakses pada 08 Agustus 2017.

Alwison. (2006). Psikologi Kepribadian . Edisi Revisi : UMM press

Arikunto, S. (2009). Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Berkowitz, L. (2005). Emotional Behavior: Mengenali Perialaku dan Tindakan Kekerasan diLingkugan Sekitar Kita dan Cara Penangulanganya. Jakarta: PPM

Buss, A.H., & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal Of Personality & Social Psychology, 63, 452-459

Firdaus, MT. (2013). Faktor-faktor penyebab perilaku agresif pada siswa di SMP kelurahan kedung asem Surabaya. Jurnal BK Unesa, 2(1).

Hurlock, E. B. (2005). Psikologi perkembangan I. Jakarta: Erlangga.

Krahe, B. (2005). Perilaku Agresif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Rineka Cita. Jakarta

Muspita, A., Nurhasanah, N., & Martunis, M. (2017). Analisis faktor-faktor penyebab perilaku bullying pada siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(1).

Santrock, J. W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.

Sari, H. R., Nurdin, S., & Husen, M. (2017). Hubungan Kelekatan Orangtua pada Anak dengan Nilai-nilai Karakter Dasar Siswa SMP Negeri 3 Kota Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(1).

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak latar Biasa. Bandung: PT Refika AditamaSarwono. (1997). Sosiologi kesehatan; Beberapa konsep beserta aplikasinya, FKM: Gadjah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.