Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh

Ana Fiara, Nurhasanah Nurhasanah, Nurbaity Bustamam

Abstract


Abstract: Discipline is an important aspect that students must have in order to complete education well and support their success. This study aims to determine the types of violations of student discipline, the factors causing violations of student discipline and the services provided by the counseling teacher to overcome violations of student discipline. The approach used in this study is qualitative with narrative methods. The research subjects were students who committed disciplinary violations and counseling teachers. Data collection is done through in-depth interviews and data analysis with narrative methods. The results showed that the types of disciplinary violations committed were incomplete attributes, various types of truant behavior, not doing assignments, going out of class, using e-cigarettes and fighting. While the factors that cause students' undisciplined behavior are low self motivation factors, poor time management, family factors, teacher factors, a supportive environment and peer influence. As well as the services provided by counseling teachers are information services, group counseling services, individual services and other activities such as home visits, and case conferences.

Keywords: disciplinary violations, causal analysis, guidance and counseling services

 

Abstrak: Kedisiplinan merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan menunjang kesuksesannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pelanggaran disiplin siswa, faktor penyebab pelanggaran disiplin siswa dan layanan yang diberikan oleh guru BK untuk mengatasi pelanggaran disiplin siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode naratif. Subjek penelitian adalah siswa yang melakukan pelanggaran disiplin dan guru BK. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan analisis data dengan metode naratif. Hasil yang diperoleh mengenai pelanggaran disiplin siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh terdapat jenis pelanggaran disiplin seperti atribut kurang lengkap, terlambat datang kesekolah, tidak mengerjakan tugas, tidak hadir kesekolah, membolos, keluar masuk kelas, menggunakan rokok elektrik dan berkelahi. Sedangkan faktor penyebab perilaku tidak disiplin siswa adalah faktor motivasi diri rendah, manajemen waktu yang kurang baik, faktor keluarga, faktor guru, lingkungan yang mendukung dan pengaruh teman sebaya. Serta layanan yang diberikan oleh guru bimbingan konseling adalah layanan informasi, layanan konseling kelompok, layanan individual dan kegiatan lain seperti home visit (kunjungan rumah), dan konferensi kasus. 

Kata kunci: pelanggaran disiplin, analisis penyebab, layanan bimbingan dan konseling


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Gordon. (1996). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rodakarya

Moleong., L. J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ningsih, B. M. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Layanan Informasi Media Film. ISSN. Vol 1. No 1.

Ningsih, R. (2015). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Kedisiplinan dan Self-Control dengan Tingkat Kedisiplinan di SMK Karya Rini Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6).

Prayitno & Amti. E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Silawati, T. (2013). Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang(Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).

Sobur, A. (2008). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (1997). Faktor-faktor Mempengaruhi Prilaku Disiplin.

Suryani, A., & Suprihatin, S. E. Y., (2016). Hubungan disiplin belajar dengan pencapaian kompetensi praktik perencanaan dan pembuatan marker layout siswa kelas XI Tata Busana SMK N 4 Yogyakarta. E-Journal Pendidikan Teknik Busana-S1, 5(4).

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: (UU Nomor 20) tahun 2003 Pasal satu Ayat (6).

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini, Jakarta; Depdiknas

Wicaksono, D. A. (2013). Kedisiplinan Siswa Ditinjau Dari Dukungan Sosial dan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Pada Siswa Yang Berlatar Belakang Berbeda (Tni Dan Non Tni). Tesis Program Studi Magister Sains Psikologi.

Yusuf, S. & Nurihsan, J.A. (2009). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.