Aplikasi Rational Emotive Therapy Menggunakan Teknik Dispute Kognitif Dalam Menurunkan Perilaku Bulli Pada Siswa di Sekolah. (Suatu Penelitian Pra-Eksperimen di SMPN 8 Kota Banda Aceh)

Nurya Sinta, Syaiful Bahri, Nurbaity Bustamam

Abstract


Kata Kunci: Rational Emotive Therapy, Teknik Dispute Kognitif, Perilaku Bulli

Penelitian ini mengenai aplikasi rational emotive therapy dengan menggunakan teknik dispute kognitif dalam menurunkan perilaku bulli pada siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui bagaimana tingkat perilaku bulli pada siswa setelah diberikan treatment rational emotive therapy dengan menggunakan teknik dispute kognitif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 20 siswa berdasarkan rekomendasi dari guru BK, sedangkan sampel penelitian berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisa data yaitu analisis deskriprif kuantitatif menggunakan statistik non-parametric dengan analisis paired sample sign-test. Skor rata-rata yang diperoleh siswa sebelum pemberian treatment sebesar 60,37, sedangkan  setelah pemberian treatment sebesar 40,25. Dari 8 peserta treatment, perubahan penurunan tanda negatif (-) diperoleh pada semua peserta, pengujian tabel binomial untuk n=8 dengan 8 tanda positif pada α=0,05 diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,0039, karena 0,0039 < 0,05, maka hipotesis nol (Ho) ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan skor perilaku bulli pada siswa SMPN 8 Banda Aceh sebelum dan setelah pemberian treatment rational emotive tehrapy dengan menggunakan teknik dispute kognitif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.