Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 Dan SMP Negeri 17 Banda Aceh

Irhamiati Irhamiati, Syaiful Bahri, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Learning disipline does not grow by itself, the discipline will be easy to grow and develop when arising from inner awareness and the quality of self-control. This study concerns students’ learning discipline influenced by self-control. The purpose of this study is to know the description of self-control, learning discipline and the influence of self-control on students’ learning discipline in SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 and SMP Negeri 17 Banda Aceh. This research method is descriptive with quantitative approach. The population in this study consists of 1212 students, while the sample of the study consists of 295 students. The data collection technique is using questionnaire. The data analysis technique is quantitative descriptive analysis by using linear regression test. Referring to the purpose of research which is to know the description of self-control, learning discipline and the influence of self-control on student learning discipline in SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 And SMP Negeri 17 Banda Aceh, the results obtained indicate that self-control and learning discipline are in the moderate category of 43.7% and 37.6%. The result of regression coefficient analysis is 0,690 with p <0,05, while Fcount 265,668 bigger than Ftable is 3,89. The results are interpreted that there is a significant influence of self-control on the learning discipline with the coefficient of determination (R2) of 0.476 (47.6%). It indicates that self-control can affect the discipline of learning by 47.6%. Besides, the results of linear regression test are that when the level of self-control increased, then the discipline of learning rose by 1.121. The increase of learning discipline shows a significant influence of self-control. Therefore, it can be concluded that the higher the prediction on self-control, the higher the discipline of learning in the students of SMP Negeri in Banda Aceh.

Keywords: Self-control, Learning discpiline

ABSTRAK

Disiplin belajar tidak tumbuh dengan sendirinya dalam diri seseorang, disiplin akan mudah tumbuh dan berkembang bila timbul dari kesadaran dalam diri serta adanya kualitas pengendalian diri. Penelitian ini mengenai disiplin belajar siswa yang dipengaruhi oleh kontrol diri. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran kontrol diri, gambaran disiplin belajar dan pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 Dan SMP Negeri 17 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.127 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 295 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linear. Merujuk pada tujuan penelitian yaitu mengetahui gambaran kontrol diri, gambaran disiplin belajar dan pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 2, SMP Negeri 8  Dan SMP Negeri 17 Banda Aceh, maka hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan bahwa kontrol diri dan disiplin belajar masing-masing berada pada kategori sedang yaitu 43,7% dan 37,6%. Hasil analisis koefisien regresi sebesar 0,690 dengan p<0,05, sedangkan Fhitung 265,668 lebih besar daripada Ftabel yaitu 3,89. Hasil tersebut dimaknai terdapat pengaruh yang signifikan kontrol diri terhadap disiplin belajar dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,476 (47,6%). Hal ini menunjukkan bahwa kontrol diri dapat mempengaruhi disiplin belajar sebesar 47,6%. Sedangkan hasil uji regresi linear yaitu setiap kenaikan satu tingkat kontrol diri, maka disiplin belajar naik sebesar 1,121. Kenaikan disiplin belajar menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kontrol diri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi prediksi pada kontrol diri, maka semakin tinggi disiplin belajar pada siswa SMP Negeri di Banda Aceh. 

Kata kunci: Kontrol diri, Disiplin belajar


Full Text:

PDF

References


Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta

Harlinawati, F. D. (2016). Penerapan Konseling Kelompok Realita dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Hernawati, N. (2008). Pengaruh Penerapan Sanksi Berjenjang Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SDN Mekarwangi 1 Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 2 (1) ISSN:1907-932X

Martono, L.H. & Joewana, S. (2008). Belajar Hidup Bertanggung Jawab, Menangkal Narkoba Dan Kekerasan. Jakarta: Balai Pustaka

Meytasari, A. (2012). Kontribusi Kontrol Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univertas Pendidikan Indonesia.

Mujiyanto. 2014. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Keaktifan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendalaman Kitab Suci (PKS) Agama Buddha Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan. 1 (1)

Santoso, H. (2016). Pembelajaran Di Sekolah Sebagai Wahana Pengembangan Karakter Perserta Didik. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(2), 197-203.

Sudarma, K., & Sakdiyah, E. M. (2007). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2(2).

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Untari, R. T., Bahri, S., & Fajriani, F. (2017). Pengaruh Harga Diri terhadap Kecemasan Sosial Remaja pada Siswa di SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(2).

Widodo, B. (2013). Prilaku Disiplin Siswa Ditinjau Dari Aspek Pengendalian Diri (Self Control) Dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa SMK Wonoasri Caruban Kabupaten Madiun. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. ISSN 0854-1981.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.