Pelaksanaan teknik asertif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa si SMP Negeri 2 Banda Aceh

Aulia Khairani, Martunis Yahya, Fajriani Fajriani

Abstract


counseling services in schools. Assertive is a individual ability to express his thoughts and feelings both positive and negative as well as maintain its rights in a polite way without hurting others. Selection of counseling techniques to improve assertive behavior in this study are assertive techniques. The aims of the study is to describe assertive behavior of students before and after being given assertiveness techniques and to determine the influence of assertive techniques in improving assertive behavior in students. The population in this study were 50 students in Junior High School 2 Banda Aceh recommended by teachers BK whereby it has a low assertive behavior, while the sample is 10 students were selected by purposive sampling. The method used is descriptive quantitative approach and the type of pre-experimental study one group pre-post test design. Collecting data using the questionnaire in the form of Likert scale. Data were analyzed using paired-sample sign test. It can be concluded that the students before being given assertiveness techniques obtained average value 115.3, assertive behavior after being given assertiveness techniques obtained average nilah 137.5 and increased scores gained an average of 22.2. It can be concluded that the technique can improve students’ assertive behavior that have been given treatment. It can be seen through the changes that occur in students, such as students become more confident, able to express his thoughts and feelings, and able to defend its rights.

Keywords: Assertive Behavior, Assertive Techniques

ABSTRAK

Perilaku asertif sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial siswa, karena itu perlu dikembangkan melalui layanan konseling di sekolah. Asertif merupakan kemampuan individu mengungkapkan pikiran dan perasaannya baik yang positif maupun negatif serta mempertahankan hak yang dimilikinya dengan cara yang sopan tanpa menyakiti orang lain. Pemilihan teknik konseling untuk meningkatkan perilaku asertif dalam penelitian ini yaitu teknik asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku asertif siswa sebelum dan setelah diberikan teknik asertif dan untuk mengetahui pengaruh teknik asertif dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 orang siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh yang direkomendasikan oleh guru BK memiliki perilaku asertif rendah, sedangkan sampelnya adalah 10 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian pra-eksperimen one group pre-post test design. Pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data menggunakan paired sample sign-test. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa sebelum diberikan teknik asertif memperoleh nilai rata-rata 115,3, perilaku asertif setelah diberikan teknik asertif memperoleh nilah rata-rata 137,5 dan peningkatan skor diperoleh rata-rata sebanyak 22,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik asertif dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa yang diberikan treatment. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada siswa, seperti siswa menjadi lebih percaya diri, mampu mengemukakan pikiran dan perasaannya, serta mampu mempertahankan hak yang dimilikinya.

Kata kunci: Perilaku Asertif, Teknik Asertif


Full Text:

PDF

References


Al’Ain, M. O., & Mulyana, O. P. (2013). Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA (Himpunan Mahasiswa) Prodi Psikologi FIP UNESA. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(1).

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Corey, G. (2008). Theory & Practice Of Group Counseling (Seventh Edition). Brooks/Cole.

_______. 2010. Teori Dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Gunarsa, S. D. (2007). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Isparjadi. (1988). Statistik Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Khan, R.I. (2012). Perilaku Asertif, Harga Diri dan Kecenderungan Depresi. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 1 (2) : 143-154.

Mardani, I.R. (2013). Hubungan Antara Peilaku Asertif Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X Asrama SMA MTA Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Cadrajiwa. 2 (3).

Muntazia, D.A. (2015). Kaitan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Perilaku Asertif. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nelson, R.J. (2011). Teori Dan Praktik Konseling dan Terapi. (Edisi ke Empat). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nuha, I. S. (2014). Hubungan Antara Perilaku Bullying Dengan Perilaku Asertif Pada Santriwati. Skripsi Psikologi UIN Sunan Ampel: Surabaya.

Nurfaizal. (2015). Teknik asertif (AT) Untuk meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 1 (1). 57-69.

Sabda, M. (2013). Hubungan Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa MTs Al-Istam Serang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sarwono, S.W. (2005). Psikologi Sosial (Psikologi Kelompok dan Terapan). Jakarta : Balai Pustaka

Sriyanto, dkk. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. 41 (1) : 74-88.

Suarti, N.K.A (2012). Menanamkan Perilaku Asertif Sejak Usia Dini. Ganec Swara, 6 (2).

Tirtarahardja, U. (2005). Ilmu Pendidikan Islam (edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Widayanti, R. (2013). Penerapan Teknik asertif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngadirojo. Jurnal BK Unesa. 3 (1). 350-356.

Widianti, A. N. (2013). Penerapan Teknik asertif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menolak Ajakan Teman Untuk Merokok Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngoro Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal BK Unesa. 3 (1). 152-160.

Willis, S. S. (2013). Konseling Individual Teori dan Prakek. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.