Pengaruh gaya kelekatan orang tua-anak terhadap penyesuaian sosial siswa SMPN 18 Banda Aceh

Suci Rahmadyanti, Martunis Yahya, M. Husen

Abstract


This study was talking about the social adjustment of students who are affected by parent-child attachment. A good relationship between parent-child, will assist children in adapting himself with the social environment. The purpose of this study is to determine the effect of parent-child attachment style to the social adjustment of students in junior high school 18 Banda Aceh. This research method is descriptive with quantitative approach. The population of this study  numbered 420 students, while 204 students are the study’s sample. The data collection technique was a questionnaire. Data analysis techniques to find out   the representation of the two variables: quantitative descriptive analysis, while the formula used to see the effect of the coefficient of determination (R2). The result of this  research  determined that most parent-child attachment style and social adjustment of each middle category is 72.5% and 67.2%. The determination coefficient of analysis result (R2) is 29%, while 71% are influenced by other factors.

Keywords: Parent-Child Attachment, social adjustment

ABSTRAK

Hubungan yang baik antara orangtua-anak, akan membantu anak dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kelekatan orangtua-anak terhadap penyesuaian sosial siswa di SMP negeri 18 Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 420 siswa,  sedangkan sampel penelitian 204 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data untuk melihat gambaran kedua variabel yaitu analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk melihat pengaruh digunakan rumus koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian mengambarkan bahwa sebagian besar gaya kelekatan orangtua-anak dan penyesuaian sosial masing-masing berada pada kategori sedang yaitu 72,5% dan 67,2%. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 29%, Sedangkan 71% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata kunci: Kelekatan orangtua-anak, Penyesuaian sosial


Full Text:

PDF

References


Agustin, R. W. (2009). Hubungan antara pola pengasuhan dan pola kelekatan dengan penyesuaian sosial pada remaja siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sragen. Wacana, 1(2).

Ali, M & Asrori, M. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Fukuyama, F. (2005). Guncangan besar: Kodrat manusia dan tata sosial baru. Gramedia Pustaka Utama.

Helmi, A.F. 2004. Model Teoritik Gaya Kelekatan, Atributsi Emosi, Respon Dan Perilaku Marah. Buletin psikologi. ISSN: 0854-7108. (2)

Hurlock, E.B. (2003). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Rinneka Cipta.

Indriyati. (2007). Hubungan antara komunikasi orang tua danm anak dengan rsa percaya diri putri awal. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Liliana, A. W. (2009). Gambaran kelekatan (attachment) remaja akhir putri dengan ibu (studi kasus). Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Mulyana, O.P. 2013. Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Remaja. Jurnal Psikologi, FIP, Unesa. 2(1)

Ni’mah, M. (2010). Pengaruh dukungan sosial dan kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dengan mediator motivasi kerja. Jurnal psikologi, 37(1).

Ningrum, O. N. W. (2013). Hubungan Kepercayaan Diri dan Penyesuaian Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X (sepuluh) SMA Xaverius Lubuklinggau Sumatera Selatan(Doctoral dissertation, Program Studi Psikologi FPSI-UKSW).

Ningrum, W. K., Hardjajani, T., & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan antara Kematangan Emosi dan Penyesuaian Sosial dengan Alienasi pada Siswi SMP Islam Terpadu Ihsanul Fikri Boarding School Magelang. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3(3 Des).

Nurbaiti, K. & Rozali, Y.A. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Universitas Esa Unggul Angkatan 2014. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-6043-JURNAL.pdf

Santrock, JW. 2012. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup): Jilid 1. Terjemahan Oleh Ahmad Chusairi Dan Juda Damanik. Jakarta:Erlangga

Setianingsih, E., Uyun, Z., & Zuwono, S. (2006). Hubungan antara penyesuaian sosial dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan kecenderungan perilaku delinkuen pada remaja. Jurnal Psikologi, 3(1), 29-35.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.