HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMA FAJAR HIDAYAH ACEH BESAR
Abstract
Penelitian yang berjudul “Hubungan Intensitas Pendidikan Kepramukaan dengan Karakter Peserta Didik pada SMA Fajar Hidayah Aceh Besar” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intesitas pendidikan kepramukaan siswa, gambaran karakter peserta didik, mengetahui hubungan antara inetensitas pendidikan kepramukaan dengan karakter peserta didik, serta mengetahui aspek karakter yang memiliki hubungan paling dominan dengan kegiatan kepramukaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Fajar Hidayah berjumlah 159 siswa. Adapun sampel sebanyak 117 siswa yang diambil dengan stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan model skala likert dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dan korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa gambaran intensitas pendidikan kepramukaan siswa SMA Fajar Hidayah cenderung memiliki tingkat yang sedang dengan jumlah siswa sebanyak 111 siswa (94,9%). Sedangkan gambaran karakter peserta didik juga cenderung berada dalam kategori sedang dengan jumlah siswa 75 siswa (64,1%). Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara intensitas pendidikan kepramukaan dengan karakter peserta didik, diketahui bahwa nilai r table dengan df 117 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh r hitung sebesar 0,509. Apabila dibandingkan dengan r table (0,195) maka r hitung > r table atau 0,509> 0,195. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas pendidikan kepramukaan dengan karakter peserta didik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, hipotesis Ha diterima kebenarannya. Sehingga dapat dinyatakan semakin intens pendidikan kepramukaan seseorang, maka semakin baik pula karakter yang dimilikinya. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak sekolah terutama pada Pembina pramuka agar lebih meningkatkan pendidikan kepramukaan dan penerapan pendidikan karakter pada siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
JIMBK Published by:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Syiah Kuala
P-ISSN: 2615-0344

JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.