PEMAHAMAN DAN PERLAKUAN GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI INKLUSI DI KOTA BANDA ACEH

Yurike Mareta Suhana, Martunis Martunis, Fajriani Fajriani

Abstract


A teacher who works in an inclusive school must have good knowledge, attitudes and skills in terms of understanding and good treatment for children with special needs. This study aims to describe teacher understanding and teacher treatment of special needs children in the teaching and learning process at inclusive public elementary schools in Banda Aceh City. The approach used is qualitative with descriptive method. The research locations are SDN 1, SDN 18, and SDN 25 Banda Aceh City. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. Based on the results of the study, it was found that teachers' understanding of the types of special needs children was still partial, teachers did not fully understand the approach needed to understand the conditions of children with special needs. The approach used to understand the characteristics and improve the ability of crew members is carried out in collaboration with other parties. Learning is still based on the classical way, only then on the individual way. The teacher shows concern by accepting and providing understanding to normal students to accept special student at the beginning of the semester. Class management is carried out with a regular system with special supervisors for special students. All teachers try to show appreciation. The teacher also directs children with special needs to participate and communicate in learning with their classmates, the teacher also directs normal students to first invite them to communicate. The teacher tries to explain and describe the material by adjusting the needs of the special students. Meanwhile, to discipline children with special needs, teachers only use the usual rules at school.

 

ABSTRAK

Seorang guru yang bertugas di sekolah inklusi harus memiliki kemampuan baik pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam hal pemahaman dan bentuk perlakuan yang baik kepada ABK. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru dan perlakuan guru terhadap ABK dalam proses belajar mengajar pada sekolah dasar negeri inklusi di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN 1, SDN 18, dan SDN 25 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pemahaman guru terhadap jenis-jenis ABK masih parsial, guru belum sepenuhnya memahami pendekatan yang diperlukan untuk memahami kondisi ABK. Pendekatan yang digunakan untuk memahami karakteristik dan meningkatkan kemampuan ABK dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain. Pembelajaran masih bertumpu pada cara klasikal, baru kemudian pada cara individual. Guru menunjukkan kepedulian dengan menerima ABK dan memberikan   pemahaman kepada yang bukan ABK untuk menerima ABK pada awal semester. Pengelolaan kelas dilakukan dengan sistem reguler dengan pembimbing khusus untuk siswa ABK. Semua guruberusaha untuk menunjukkan penghargaan kepada ABK. Guru juga mengarahkan ABK untuk berpartisipasi dan berkomunikasi dalam pembelajaran dengan teman sekelasnya, guru juga mengarahkan siswa/i yang normal untuk terlebih dahulu mengajak berkomunikasi. Guru berupaya menjelaskan dan menjabarkan materi dengan menyesuaikan kebutuhan ABK. Sementara untuk mendisiplinkan ABK guru-guru hanya menggunakan peraturan biasa di sekolah.


Keywords


Pemahaman; Perlakuan; Anak Berkebutuhan Khusus; Inklusi

Full Text:

PDF

References


Agustin, L. D., & Pandia, W. S. S. (2017). Pemahaman pedagogik guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(1).

Aman, D. (2014). Pendidikan dan Kreasi. Jurnal Pendidikan Renggali Volume VIII. Takengon: Nagoya Press

Basri, H. (2018). Ada Jatah Inklusi, Anak Autis Ditolak Sekolah di Makassar, Jawaban Ombudsman hanya Begini!. Melalui: http://makassar.tribunnews.com/2018/07/10/ada-jatah-inklusi-anak-autisditolak sekolah-di-makassar-jawaban-ombudsman-hanya-begini (Diakses tanggal 10/07/2018 01:27).

Budyartati, S. (2016). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV AE MEDIA GRAFIKA.

Ginintasasi, R. (2009). Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus.

(http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032RAHAYU_GINNTASASI/Proses_Pembelajaran_ABKx.pdf (Diaksestanggal 05/10/2019 07:13).

Hapsari, Y. F. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus Ditampar Kepala Sekolahhingga Kacamata Lepas, Orangtua Tuntut Kasek Mundur. Melalui https://video.tribunnews.com/view/61925/anak-berkebutuhan-khususditampar kepala-sekolah-hingga-kacamata-lepas-orangtua-tuntut-kasekmundur (Diakses tanggal 26/09/201817:09).

Muktar Latif, D. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mulyono, R., Suhyanto, O., Siron, Y., & Rochimah, N. (2017). Pengaruh Intensi, Motivasi, Dan Pemahaman Guru Terhadap Impementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 293-307.

Puspitasari, R. (2019). Kesiapan Guru (Teacher Readiness) Dalam Menangani Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kelas Reguler Pada Sekolah Berbasis Inklusif. Skripsi. Fakultas Psikologi Dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel: Tidak Diterbitkan.

Tarjiah, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI. 10(2): 105.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahyuno, E. W. E., Ruminiati, R., & Sutrisno, S. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Inklusif Tingkat Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 23(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.