Korelasi Persepsi Mengenai Kepedulian Guru Dengan Harga Diri Siswa

Tifani Mutia Putri, Nurbaity Nurbaity, Dara Rosita

Abstract


ABSTRAK

Harga diri aspek kepribadian yang sangat penting bagi siswa. Perilaku siswa dipengaruhi oleh bagaimana harga diri mereka sendiri, Harga diri dibentuk dari lingkungan dimana individu berada seperti, orang tua, guru, teman dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi dari hubungan antara persepsi siswa mengenai kepedulian guru dengan harga diri siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu SMP Negeri 1 Kota Banda Aceh dan SMP Negeri 11 Kota Banda Aceh. Sampel yang diambil ialah siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Banda Aceh yang berjumlah 184 siswa, menggunakan rumus Slovin dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah skala harga diri dan skala kepedulian guru dalam bentuk skala likert. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara persepsi siswa mengenai kepedulian guru dengan harga diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempersepsikan kepedulian guru dominan pada tingkat kategori sangat rendah dengan persentase 77,17% dan tingkat harga diri siswa dominan pada tingkat sedang dengan persentase 45,65%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan positif antara persepsi siswa mengenai kepedulian guru dengan harga diri siswa dengan koefisien r = 0,296 dan p = 0,000. Dapat diartikan bahwa apabila semakin tinggi kepedulian guru dalam persepsi siswa maka semakin tinggi pula harga diri siswa. Demikian pula sebaliknya apabila semakin rendah kepedulian guru dalam persepsi siswa maka semakin rendah pula harga diri siswa.

Kata Kunci : Harga Diri, Persepsi Siswa, Kepedulian Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.