Analisis Faktor Penyebab Perilaku Off-Task Siswa

Halimah Halimah, Nubaity Nurbaity, Abu Bakar

Abstract


ABSTRACT

 

Students ' behaviour from school (off-Task) context is one of the problems that can impede students ' success in learning process. This research aims to determine the form and factor of the student's behavior that comes out of the learning context (off-task) of students. This research uses quantitative approaches with descriptive types. The population in this study was SMP Negeri 1 Darussalam in Aceh Besar district amounted to 312 students in classes VII, VIII and IX with samples amounting to 175 students. This sample was taken using random sampling with a Likert-scale shape. The results showed that the students ' behaviour from the learning context of the students in the high category was (28.57%), in medium (34.85%) and low categories (36.57%) With the dominant behaviour is to enter the room, feel sleepy and sleep in the classroom. The factors of the student behaviour that come out of the learning context are two factors that affect internal and external. On the internal factors are more dominant and the factors that are sourced from sub-variables of time management are less orderly and lack of self-celebration. While in the more dominant external factors are factors that are sourced from the family environment, curriculum and peers, the condition of the class is not conducive and school facilities..

Keywords : Form, Causal Factor, Off-Task Behavior

ABSTRAK

Perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran (off-task) di sekolah merupakan salah satu masalah yang dapat menghambat keberhasilan siswa dalam menjalani proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran (off-task) pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMP Negeri 1 Darussalam Kabupaten Aceh Besar berjumlah 312 siswa pada kelas VII,VIII dan IX dengan sampel yang berjumlah 175 siswa. Sampel ini diambil  menggunakan random sampling dengan bentuk skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran pada siswa yang berada pada kategori tinggi adalah (28,57%), pada kategori sedang (34,85%), dan kategori rendah (36,57%) dengan perilaku yang dominan adalah keluar masuk ruangan, merasa mengantuk dan tidur di dalam kelas. Faktor penyebab perilaku siswa yang keluar dari konteks pembelajaran terdapat faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal yang lebih dominan terdapat pada faktor yang bersumber dari sub-variabel manajemen waktu yang kurang teratur dan kurangnya keperayaan diri. Sedangkan dalam faktor eksternal yang lebih dominan adalah faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga, kurikulum dan teman sebaya, kondisi kelas yang tidak kondusif dan fasilitas sekolah.


Full Text:

PDF

References


Wahyulestari, Mas Roro Diah. (2018). "Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar". Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 1. No. 1.

Triastuti, Nurdila, and Herdina Indrijati. (2015). "Penguatan Positif Untuk Mengurangi Perilaku Off-Task Saat Penugasan Di Kelas Pada Siswa Lamban Belajar Di Sekolah Dasar”.

Triansyah, Opy. (2016). “Pengaruh Manajemen Waktu Dan Aktifitas Ekstrakulikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Diss.UNIMED.

Vitasari, Ita. (2016) "Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Kesepian Dan Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta." Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 5.7

Sinaga, Sri Wahyuni. (2017). ‘Perbedaan Perilaku Androgini ditinjau dari Tempat Kerja”. Diss. Universitas Medan Area.

Sulistiawati, Sulistiawati, Didi Suryadi, and Siti Fatimah. (2015) "Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas." Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 6.2 135-146.

Pratiwi, Iffa Dian, and Hermien Laksmiwati. "Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X”." Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 7.1 (2016): 43-49.

Sibawaih, Imam, and Anita Tri Rahayu. (2017) ."Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatan." Research and Development Journal of Education 3.2

Kurniawan, Indra Ady. 2016 “Pengaruh Fasilitas Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Agro Wisata Kebun Stroberi Petik Sendiri (Studi Kasus: Ud. Rini Colia Berastagi”. Diss. UNIMED.

Emda, Amna. (2018) "Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran." Lantanida Journal 5.2: 172-182.

Cahyono, Cahyono. (2016) "Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smk Pasundan 1 Subang." Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang 1.2: 169-180.

Linarwati, Mega, Aziz Fathoni, and Maria Magdalena Minarsih. (2016)."Studi deskriptif pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia serta penggunaan metode behavioral event interview dalam merekrut karyawan baru di bank mega cabang kudus." Journal of Management 2.2

Siyoto, Sandu, and Sodik M,A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi media publishing.

Komara, Indra Bangkit. (2016) "Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa." Jurnal Psikopedagogia 5.1: 33-42.

Riyadi, Slamet. (2015). "Teknik Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Off-Task Dalam Layanan Informasi." Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling 1.1

Simatupang, Sonya Dwi Aditya. (2018). “Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Siswa Di Smk Negeri 1 Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah Ta 2018/2019”. Diss. UNIMED.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (SIDIKNAS)

Mahanani, Fatma Kusuma. (2017) "Operant Conditioning: Shaping Danpositive Reinforcement Contingencies “Dari Perilaku Off-Task Menjadi On-Task”." Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah 9.3: 276-289.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.