Analisis Penyesuaian Sosial Siswa Pindahan di Sekolah Menengah Atas Se-Kota Banda Aceh

Rika Rahayu, Dahliana Abd, Martunis yahya

Abstract


Setiap manusia memerlukan penyesuaian di lingkungan sosial, begitupun siswa pindahan yang dihadapkan dengan lingkungan sosial yang baru di sekolah. Penyesuaian sosial merupakan suatu usaha individu dalam menyesuaikan diri dan tingkah lakunya sesuai dengan tuntutan/ norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, termasuk dalam lingkungan akademik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian sosial siswa pindahan di sekolah baru. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 9 (sembilan) siswa pindahan sebagai subjek utama yang telah menempuh pendidikan sekurang-kurangnya satu semester di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Banda Aceh, selain itu sebagai subjek pendukung adalah guru bimbingan konseling dan wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 9 orang responden siswa pindahan, 5 orang responden dapat menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan sosial sekolah ditandai dengan prestasi yang meningkat dan 4 orang responden lainnya menyesuaikan diri dengan tidak baik seperti merokok, membolos, bermain game online dan berperilaku agresi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan hampir semua siswa pindahan di SMAN se-Kota Banda Aceh melakukan penyesuaian diri dengan cara autoplastis yaitu menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekolah baru atau sekolah yang mereka pindahi. Ditemukan juga ada beberapa orang responden mampu menyesuaikan diri secara aloplastis artinya merubah keadaan lingkungan sesuai dengan keadaan dirinya. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial siswa pindahan seperti status keluarga bercerai, jarak antara rumah dan sekolah yang jauh serta adanya kelompok-kelompok sosial yang negatif. Dari hasil penelitian disarankan kepada guru BK untuk dapat memberikan program-program layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan permasalahan siswa yang didapat dari hasil asesmen yang dilakukan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.