ANALISIS KONDISI SOSIAL PSIKOLOGIS SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMPN 2 BANDA ACEH

dara mulya rizky, dara mulya rizky

Abstract


Broken home adalah istilah untuk menggambarkan suasana keluarga yang tidak harmonis dan tidak berjalan layaknya kondisi keluarga yang rukun dan sejahtera yang menyebabkan terjadinya konflik dan perpecahan dalam keluarga tersebut. Kondisi sosial psikologis yaitu suatu keadaan psikis atau jiwa yang mengalami goncangan atau gangguan saat berada dalam lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial psikologis siswa dari keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode case study. Subjek yang diteliti berjumlah tujuh orang yaitu siswa dari keluarga broken home. Objek penelitian ini adalah gangguan sosial psikologis yang di alami oleh siswa dari keluarga broken home. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan tahapan analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa mengalami gangguan kondisi psikologis. bahwa siswa sulit mempercayai temannya, mudah merasa tersinggung dan berburuk sangka, sulit mengungkapkan kesukaran yang di alami, siswa lebih tertutup dan pemalu dengan lingkungannya.  Hal ini terjadi karena kondisi psikologis siswa dari keluarga broken home terganggu sehingga dalam sosial juga ikut terganggu. Namun, tidak ada siswa yang mengalami kesulitan dalam komunikasi dan tidak ada siswa yang menarik diri di SMPN 2 Banda Aceh

References


Anggawirya. 2015. Pengaruh Mental Anak Terhadap Keluarga Broken Home.

https://www.kompasiana.com/anggawirya/54f36fe87455137f2b6c7611/pengaruh-mental-anak-terhadap-keluarga-broken-home.

Arifin, M. 2016. Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilaia-nilai Pendiidkan Karakter Pada

Peserta Didik. Journal of physics. Volume. 6, No 1.

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Y., & Anganthi,N. 2016. Subjective well being pada remaja dari keluarga broken home. Surakarta: Universitas Muhamadiyah.

Darmawan, P, A. 2016. Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki hadjar Dewantara. Salatiga:

FKIP UKSW.

Depdiknas. 2005. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan

nasional.

Eysenck, H.J. & Wilson, G.D. 2008. Know Your Own Personality. Anglesburg: Pelican.

Fessler. 2004. Shame in two cultures: Implications for evolutionary approaches. Journal

of Cognition and Culture. Volume. 207-262, No 4(2).

Kartono, K. 2006. Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: CV. Rajawali.

Kim, Y. 2010. An understanding of shame and guilt: Psycho-socio-spiritual meaning.

Torch Trinity Journal. Volume. 218-232, No 13(2).

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik

dalam Keluarga). Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Mellisa., & Ferri. 2015. Pola Komunikasi Anak-Anak Delinkuen Pada Keluarga Broken Home Di Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado. e-journal. Volume IV. No 4.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Matinka, D. 2011. Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Pendidikan Remaja.

Karya Ilmiah. Karawang: Universitas Singa Perbangsa.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyadiningsih, H., & Pujiastuti, R. 2006. Kondisi Psikologis dan Karateristik Pribadi Tipe Kepemimpinan Efektif (Studi pada Industri Manufaktur di Kabupaten Banyumas).

Santi., & Koagouw. 2015. Pola Komunikasi Anak-anak Delinkeun Pada Keluarga Broken Home. E-Journal Acta Dirna. Volume. IV, No 4.

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Erlangga.

Sari dkk. 2018. Kondisi Psikologis Siswa Yang Broken Home. Di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Skripsi. FKIP Universitas Riau.

Siswinarti, P. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradap.

Skripsi. UPG.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujoko. 2012. Hubungan Antara Keluarga Broken Home, Pola Asuh Orang Tua Dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja. Skripsi. Surakarta. Univesitas Setia Budi.

Yusuf, S. 2015. Psikologi Perkembanga Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.